Kekerasan ke Keturunan Asia Meningkat, WNI di Chicago Diimbau Waspada

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 07 Apr 2021 07:06 WIB
Imbauan dari KJRI Chicago untuk WNI, supaya waspada dan tenang menghadapi fenomena kekerasan terhadap keturunan Asia di AS. (Dok KJRI Chicago)
Imbauan dari KJRI Chicago untuk WNI, supaya waspada dan tenang menghadapi fenomena kekerasan terhadap keturunan Asia di AS. (Dok KJRI Chicago)
Jakarta -

Kekerasan terhadap orang keturunan Asia di Amerika Serikat (AS) benar-benar menjadi fenomena serius. Warga Negara Indonesia (WNI) di Chicago diimbau untuk waspada supaya tidak menjadi korban kekerasan di Negeri Paman Sam.

"Waspada dan tetap tenang!" kata Konsulat Jenderal RI di Chicago, Meri Binsar Simorangkir, sebagaimana disampaikan dalam siaran pers KJRI Chicago yang diterima detikcom, Rabu (7/4/2021).

Dituliskan oleh KJRI Chicago dalam keterangan persnya, imbauan tengah gencar disampaikan kepada WNI. Konjen Meri juga menyampaikan agar masyarakat Indonesia dapat menjaga diri serta tidak memancing tindak kekerasan dengan menggunakan perhiasan yang berlebihan, membawa uang tunai dalam jumlah besar, dan berjalan sendirian di tempat gelap.

"Tidak lupa, selalu laporkan kejadian yang dianggap membahayakan ke pihak berwajib serta KJRI. Sedapat mungkin dokumentasikan, serta ingat dengan baik kronologi dan deskripsi pelaku. Ingat, nomor telepon Hotline KJRI Chicago selalu dapat dihubungi 24/7," imbuh Konjen Meri.


Meskipun saat ini tidak terdapat laporan adanya kekerasan yang dialami oleh masyarakat Indonesia di Midwest, adanya imbauan tersebut dinilai sangat bermanfaat dalam meningkatkan awareness sehingga mereka mengetahui apa yang harus dilakukan dan kepada siapa harus melaporkan sekiranya terjadi tindak kekerasan.

Selanjutnya, kegiatan KJRI Chicago:

Lihat Video: Kasus Rasisme di AS, Toserba Milik Keturunan Asia Dirusak

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2