Manfaatkan Lahan Kosong, Polres Bima Ajak Warga Tanam Cabai

Erika Dyah Fitriani - detikNews
Selasa, 06 Apr 2021 20:07 WIB
Bhabinkamtibmas Polres Bima ajak warga tanam cabai.
Foto: dok. Polda NTB
Jakarta -

Bhabinkamtibmas Polres Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengedukasi warga agar memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah. Selain untuk menjaga ketahanan pangan saat pandemi, hal itu juga untuk menyukseskan Kampung Sehat 2 yang diinisiasi oleh Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal.

Bhabinkamtibmas membantu warga menanam cabai di lahan kosong milik warga tepatnya di Desa Leu, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, NTB.

Kapolres Bima AKBP Gunawan Tri Hatmoyo melalui Wakapolres Bima Kompol Edi Susanto mengatakan kreativitas masyarakat di tengah pandemi harus ditingkatkan guna menstabilkan perekonomian warga yang terpuruk akibat COVID-19.

Untuk itu, lanjut Gunawan, pihaknya mengajak warga memanfaatkan pekarangan kosong untuk menanam berbagai jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan di masa pandemi. Adapun ia menyebutkan sejumlah tanaman tersebut antara lain cabai, tomat, jahe, dan lain sebagainya.

Gunawan mengatakan program tersebut dapat dijadikan langkah untuk mempertahankan pangan warga di tengah pandemi atau di luar pandemi nantinya.

"Jika semua warga mengikuti maka kebutuhan rumah tangga akan dapat tercukupi," jelas Gunawan dalam keterangan tertulis, Selasa (6/4/2021).

Bhabinkamtibmas Polres Bima ajak warga tanam cabai.Bhabinkamtibmas Polres Bima ajak warga tanam cabai. Foto: dok. Polda NTB

Tak hanya itu, Gunawan berharap program ini dapat menjadi solusi bagi warga untuk memenuhi pangan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

"Saya berharap program ini dapat meningkatkan ketahanan pangan masyarakat Kabupaten Bima dan sekitarnya di masa pandemi COVID-19," tambahnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan harapannya agar personel Polres Bima dan masyarakat dapat memanfaatkan lahan kosong untuk dikelola dan ditanami aneka tanaman baik itu sayur-sayuran maupun tanaman musiman lainnya.

Gunawan pun menekankan agar para personel dapat selalu berkomunikasi dengan warga guna mensosialisasikan cara memanfaatkan lahan kosong untuk menanam bibit sayuran, baik secara alami maupun hidroponik.

Vaksinasi Drive Thru Foto: Polda NTB

Menurutnya, warga tidak boleh menyerah terhadap pandemi COVID-19, salah satunya dengan terus memanfaatkan lahan-lahan tidur yang belum tergarap.

"Maka peluang ini harus kita manfaatkan dengan baik agar bisa menciptakan masyarakat yang produktif, untuk itu mari kita bersama-sama bergotong royong menanam tanaman yang bermanfaat dengan masa panen yang pendek terutama tanaman untuk memenuhi kebutuhan pangan kita sehari-hari," pungkasnya.

(prf/ega)