PrayForNTT Menggema, Ini Doa yang Bisa Diamalkan Ketika Tertimpa Musibah

Rahma Indina Harbani - detikNews
Selasa, 06 Apr 2021 13:49 WIB
Infografis doa mohon ampunan
#PrayForNTT, Ini Doa yang Bisa Diamalkan Ketika Tertimpa Musibah ( Foto: Andhika A/detikcom)
Jakarta -

Wilayah Nusa Tenggara Timur sedang berduka. Seperti yang telah diketahui bersama, kelahiran siklon tropis Seroja memicu banjir bandang di sejumlah wilayah NTT pada Minggu (4/4/2021) dini hari waktu setempat. Saat terjadi bencana selain berusaha agar selamat, dianjurkan membaca doa saat tertimpa musibah untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT.

Tidak hanya banjir bandang, terjadi peristiwa lainnya seperti tanah longsor, pohon tumbang di sejumlah wilayah, bahkan kapal motor penumpang (KMP) yang berukuran cukup besar pun tenggelam akibat terombang-ambing di tengah cuaca ekstrim yang terjadi.

"Lokasi terdampak di NTT ini ada 10 kabupaten dan 1 kota. Kalau kemarin kami masih fokus Flores Timur, sekarang kami dapat data lebih lengkap wilayah yang memang menjadi rumpun kepulauan di NTT ini," kata Kapusdatinkom BNPB Raditya Jati dalam jumpa pers online, dikutip dari detikNews.

Musibah memang bisa terjadi pada siapa saja di muka bumi ini. Persoalan yang terjadi adalah bagaimana cara kita menyikapi musibah yang tengah kita hadapi. Ada berbagai tanggapan orang dalam menyikapi musibah, ada yang bisa bersikap positif bahkan ada pula yang bersifat negatif.

Tentu saja, sebagai orang yang beriman dapat menyikapinya dengan positif bahkan semakin menambah besar keimanan mereka. Lalu, solusi apa yang bisa dilakukan sebagai seorang muslim?

Sabar dan juga meghindarkan diri dari prasangka buruk (su'uzhann) kepada Allah. Selain itu juga mengamalkan doa-doa saat tertimpa musibah yang justru dapat mendatangkan pahala untuk kita semua.

Doa ini bisa diamalkan ketika tertimpa musibah


اللَّهُمَّ أْجُرْنِي فِي مُصِيبَتِي وَأَخْلِفْ لِي خَيْرًا مِنْهَا

Bacaan latin: "Allahumma ajirni fi musibati wakhluf li khoiron minha"

Artinya: "Ya Allah, berikanlah aku pahala dalam musibahku dan gantilah untukku dengan yang lebih baik." (HR. Muslim, Shahih Muslim, "Kitab Al-Jana'iz, nomor:1525)

Selain itu, dengan momen ini semoga kita semua bisa selalu dapat mendekatkan diri kepada Allah dan tidak lupa untuk selalu membaca doa saat tertimpa musibah yang sedang dihadapi.

(erd/erd)