Anggota DPR Dorong Penerbitan Peraturan Teknis Vaksin Gotong Royong

Tim detikcom - detikNews
Senin, 05 Apr 2021 19:34 WIB
Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di DPR RI Marwan Jafar mengingatkan indikasi tumbuhnya kesadaran geopolitik guna mencapai potensi ekonomi dunia.
Marwan Jafar (Foto: dok. Komisi VI).
Jakarta -

Anggota Komisi VI DPR Marwan Jafar mendorong pemerintah menerbitkan peraturan teknis mengenai vaksin gotong royong. Peraturan teknis ini disebut bisa membantu percepatan vaksin via jalur gotong royong untuk menciptakan herd immunity.

"Saya mendorong supaya pihak pemerintah segera menerbitkan peraturan khususnya mengenai vaksin COVID-19 yang akan digunakan untuk vaksinasi gotong royong," sebut Marwan Jafar dalam keterangannya, Senin (5/4/2021).

Marwan Jafar berharap ada aturan mengenai operasional vaksinasi gotong royong. Dia juga berharap segera ada batas harga terkait vaksinasi gotong royong.

"Termasuk bagaimana mekanisme secara operasional, kewenangan distribusi serta berapa batas harga bawah dan atas maupun tarif dan pelayanan vaksinasi yang wajar," kata Marwan Jafar

Mantan Menteri Desa-PDTT ini mengapresiasi pemerintah yang sudah menginformasikan mengenai jenis vaksin untuk vaksinasi gotong royong. Marwan Jafar menyebut vaksinasi gotong royong bukanlah vaksin untuk umum dan orang bisa mendapatkannya dengan mendatangi rumah sakit swasta.

Artinya, kata dia, penyuntikan untuk vaksin gotong royong tidak boleh dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah. Dia tetap ingin fasilitas kesehatan pemerintah fokus melayani program vaksinasi pemerintah.

"Kita berharap dan mesti optimis, menyusul lebih banyak orang yang tervaksinasi, maka tingkat kekebalan kelompok, kesehatan masyarakat akan terjadi. Sekali lagi, kita juga mesti bersabar agar jumlah beberapa vaksin lekas tersedia termasuk agar pemerintah menerbitkan aturan yang jelas menyangkut vaksin gotong royong," ujar Marwan Jafar.

(gbr/tor)