Polri: Arus Balik Paskah, 74 Ribu Kendaraan Masuk Jakarta Via Tol Cikampek

Antara - detikNews
Senin, 05 Apr 2021 03:51 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Istiono.
Kakorlantas Polri Irjen Istiono Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono menyebut ada 74 ribu kendaraan masuk Jakarta via Tol Jakarta-Cikampek saat arus balik libur Paskah. Arus lalu lintas, disebutnya bisa dikendalikan.

"Sampai malam hari ini, sudah terpantau, sekitar 74 ribu kendaraan yang masuk ke Jakarta melalui tol Cikampek," kata Istiono seperti dilansir Antara, Senin (5/4/2021).

Kakorlantas didampingi Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudy Antariksawan dan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnoml Yogo memantau pergerakan arus lalu lintas di tol Jakarta - Cikampek kilometer 62 pada Minggu (4/4/2021).

Istiono menyebut, lalu lintas arus balik libur paskan bisa dikendalikan karena kebijakan pembatasan kendaraan truk. Truk bersumbu lebih dari tiga, tidak bisa melintas tol.

"Saya sampaikan pantauan arus balik libur panjang Paskah. Sampai hari ini, kita pantau dari tadi siang jam 12, untuk sumbu tiga kita sudah alihkan dari Semarang menuju jalan arteri, tidak boleh masuk tol," jelas Istiono.

Kakorlantas memprediksi arus balik akan terjadi hingga Senin (5/4) dini hari. Maka, pihaknya memberlakukan "contraflow" di KM 65 sampai KM 47 menuju Jakarta.

"Ini kita kelola terus dan untuk memperlancar arus kita 'contraflow' dari KM 65 sampai KM 47. Jadi ada lima lajur menuju Jakarta, melalui jalur bawah maupun jalur elevated. Itu sementara. Kita pantau terus," kata Istiono.

Istiono mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menaati aturan lalu lintas. Bila mengantuk atau lelah, diimbau untuk istirahat di rest area.

"Untuk pengendara tetap waspada jangan ngantuk, capek istirahat, jangan dipaksa. Kecepatan terukur, tidak terburu-buru agar selamat sampai tujuan," harap Istiono.

(aik/aik)