Arus Balik Libur Paskah, Antrean di GT Kalihurip Utama 2 Mengular

Dian Firmansyah - detikNews
Minggu, 04 Apr 2021 21:16 WIB
Arus balik libur paskah, antrean kendaraan di Tol Cipularang mengular
Arus balik libur paskah, antrean kendaraan di Tol Cipularang mengular (Foto: Dian Firmansyah)
Purwakarta -

Arus balik libur panjang Paskah terjadi malam ini. Hal ini terlihat di ruas jalan menuju Tol Cipularang. Antrean kendaraan mengular beberapa kilometer.

Antrean dan kemacetan panjang kendaraan ini terjadi di pintu masuk Gerbang Tol Kalihurip Utama 2, dari arah Bandung menuju Jakarta. Kemacetan ini terpantau pada pukul 20.00 WIB, ribuan kendaraan menumpuk hingga menular beberapa kilometer dari gerbang tol hingga ruas jalan tol Cipularang.

Menurut pengendara, kepadatan kendaraan sudah terjadi sejak di wilayah Bandung hingga sepanjang jalan tol ini, bahkan ia harus menempuh perjalanan lebih lama di banding arus lalu lintas normal.

Antrean kendaraan terjadi beberapa kilometerAntrean kendaraan terjadi beberapa kilometer Foto: Dian Firmansyah

"Saya dari Garut mau ke Jakarta, biasanya 4-5 jam udah sampe ini udah 6 jam baru sampe sini (GT Kalihurip Utama), di sana emang udah padat," ujar Dian bersama keluarga di dalam mobil ketika mengantre di gardu pembayaran tol, Minggu (04/04/2021).

Dian juga mengatakan jika laju kendaraan di sepanjang jalan bebas hambatan ini tidak bisa normal bahkan maksimal, ia hanya mampu melaju dengan kecepatan 40 km/jam.

Sementara Dian mengaku jika melakukan perjalanan menikmati masa libur panjang ini, karena pemerintah sudah resmi melarang warga untuk berpergian atau mudik di waktu libur lebaran nanti.

"Nanti kan udah di larang pemerintah (mudik) jadi libur ini kesempatan untuk mudik dan liburan," katanya.

Hal senada dikatakan oleh Iqbal, ia juga mengatakan jika memanfaatkan libur panjang Paskah dam akhir pekan sebagai pengganti liburan di libur lebaran nanti.

"Dari Garut mau ke Cibitung. Ya mumpung ada waktu kalo lebaran nantikan ada larangan dari pemerintah," ujar Iqbal di Gerbang Tol.

Membludaknya arus balik kendaraan ini seiring dengan akan berakhirnya masa libur panjang, sehingga warga Jakarta dan sekitarnya harus kembali ke tempat asal untuk bersiap beraktivitas pada esok hari.

(mud/mud)