Menlu-Erick Thohir ke China Bahas Vaksin Corona hingga Investasi

Antara - detikNews
Minggu, 04 Apr 2021 20:15 WIB
Menlu Retno Marsudi memimpin acara jalan santai Diplomatic Walk di kawasan GBK, Senayan, Jakarta. Jalan santai itu rangka menyambut Asian Games 2018.
Menlu Retno Marsudi Bersama Menteri BUMB Erick Thohir dalam acara menyambut Asian Games di kawasan GBK, (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Tiga menteri berkunjung ke China, tepatnya ke Provinsi Fujian, China, pada Kamis (1/4) hingga Sabtu (3/4). Mereka adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan M Lutfi, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun segera menindaklanjuti seluruh kesepakatan yang dicapai oleh tiga menteri RI dengan para mitranya di China.

"Sebagai mitra dagang dan investor utama bagi Indonesia, realisasi kerja sama dengan Tiongkok akan berkontribusi penting dalam pemulihan ekonomi di Indonesia," kata Djauhari seperti dilansir Antara, Minggu (4/4/2021).

Menlu Retno bertemu dengan Menlu China Wang Yi. Dalam pertemuan itu, Menlu Retno menekankan perusahaan-perusahaan vaksin di China, yang terlah bersepakat dengan Indonesia, untuk segera memenuhi jadwal penyediaan vaksin sesuai kesepakatan.

Menlu Retno juga menyampaikan harapannya kepada pemerintah China agar bisa memfasilitasi pemulangan anak buah kapal (ABK) asal Indonesia.

Di bidang pendidikan. Indonesia berharap China memfasilitasi kembalinya para pelajar asal Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di China. Mengingat, perkuliahan dan sekolah di daratan Tiongkok telah kembali normal sejak akhir 2020.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir dalam kunjungannya ke China bertemu dengan pejabat Komisi Supervisi dan Administrasi Aset Milik Negara (SASAC). Menteri Erick juga bertemu praktisi industri baterai listrik dan perusahaan yang membangun kilang peleburan.

Selanjutnya
Halaman
1 2