Cerita Jemaat Misa Paskah di Katedral Jakarta: Prokes Ketat dan Dijaga Aparat

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 04 Apr 2021 18:18 WIB
Jemaat yang akan mengikuti ibadah misa Paskah di Gereja Katedral Jakarta
Jemaat yang mengikuti ibadah misa Paskah di Gereja Katedral Jakarta (Foto: Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Gereja Katedral Jakarta menggelar ibadah misa Paskah pada sesi sore secara tatap muka. Jemaat mengungkapkan ibadah misa kali ini dijalankan dengan protokol kesehatan (prokes) COVID-19 ketat dan dijaga aparat.

Salah satu jemaat bernama Yanti (55) mengatakan prokes COVID-19 mulai dijalankan sejak memasuki area gereja. Petugas mengarahkannya untuk mencuci tangan serta mengecek barang bawaannya.

"Justru sebenarnya saya pribadi terlalu ketat untuk saya karena masuk harus cuci tangan. Mereka lihat kita harus cuci tangan. Kemudian tas dicek dan ini atas bantuan para polisi," kata Yanti saat ditemui detikcom di Gereja Katedral Jakarta, Jakarta Pusat, Minggu (4/4/2021).

Yanti menuturkan aparat membantunya dalam memberi rasa nyaman selama beribadah. Dia mengaku tak khawatir menjalani rangkaian ibadah selama Pekan Suci Paskah 2021.

"Saya sangat berterima kasih sebagai umat katolik polisinya baik banget, sangat terbantu jadi kita merasa nyaman saat beribadah. Kita tidak berarti curiga dengan oknum tertentu, hanya kenyataannya sering begitu kita antara takut dan tidak," ucapnya.

Jemaat lainnya bernama Benny (34) mengaku awalnya dia sempat timbul kekhawatiran pasca aksi teror di Gereja Katedral Makassar beberapa waktu lalu. Namun, dia melihat saat ini pengamanan yang diberikan personel TNI-Polri sudah lebih dari cukup.

"Semua sih khawatir tapi setelah saya lihat keamanannya banyak, sudah nggak khawatir lagi sih. Saya lihat sudah banyak banget menurut saya. Terserah TNI-Polri ya mau mengerahkan berapa pasukan, cuman menurut saya lebih dari cukup," ucapnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya:

Lihat Video: Katedral Jakarta Gelar Misa Secara Fisik, Jemaat Antre Sejam Lebih Awal

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2