Aparat Gabungan Jaga Gereja Katedral Jakarta, K9-Panser Anoa Disiagakan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 04 Apr 2021 09:25 WIB
Pengamanan di Katedral Jakarta, K9 hingga Panser Anoa disiagakan
Pengamanan di Katedral Jakarta, K9 hingga Panser Anoa disiagakan. (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah aparat gabungan telah bersiaga di Katedral, Jakarta, untuk mengamankan ibadah Paskah. Selain aparat, anjing K-9 dan Panser Anoa disiagakan di lokasi.

Pantauan detikcom, Minggu (4/4/2021), pukul 08.40 WIB, di Gereja Katedral Jakarta, Jakarta Pusat, tampak puluhan personel gabungan TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, serta Brimob bersiaga di lokasi. Beberapa personel di antaranya membawa senjata laras panjang.

Mereka melakukan apel pagi sebelum kegiatan ibadah di Katedral mulai. Seusai apel, aparat menyisir area dalam gereja dengan anjing K9.

Selain itu, dua unit panser anoa disiagakan tepat di seberang Katedral. Nantinya para jemaat hanya masuk melewati pintu ini.

Seperti diketahui, Katedral akan melangsungkan ibadah 3 sesi, yakni pagi, siang, dan sore. Sesi pagi ibadah akan berlangsung live streaming saja, tidak ada yang datang ke tempat.

"Besok (hari ini) jam 9 kita ada misa live streaming tanpa umat," kata pastor rekan Gereja Katedral Jakarta, Romo Ch. Bernardus Triyudo Prastowo, Sabtu (3/4).

Kemudian, ibadah siang dan sore akan dilakukan secara tatap muka. Kapasitas per sesi dibatasi hanya 300 orang.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sempat menyambangi Katedral Jakarta. Listyo Sigit menegaskan rangkaian Pekan Suci Paskah 2021 berjalan dengan baik tak terpengaruh dengan insiden di Makassar. Kapolri berharap umat kristiani dapat beribadah dengan tenang dalam Pekan Suci Paskah ini.

"Oleh karena itu, kewajiban kami memberikan jamin kepada seluruh umat Katolik dan Kristen yang akan melaksanakan rangkaian ibadah. Silakan melaksanakan ibadah dengan khusyuk, dengan lancar," ucapnya kepada jemaat di Katedral Jakarta.

"Oleh karena itu, tentunya kita berdoa bahwa seluruh rangkaian ini sampai dengan besok bisa berjalan sesuai dengan rencana dan seluruh umat Katolik dan Kristen melaksanakan ibadah hari raya Kamis Putih, Jumat Agung, dan hari raya Paskah dengan baik dengan khusyuk dan tentunya kita semua berharap seluruh rangkaian tersebut kami dari TNI-Polri bisa betul-betul bisa menjaga kekhusyukan tersebut," sambungnya.

(eva/eva)