Vaksinasi Drive Thru di Lombok Tengah Sasar Ratusan Pengguna Jalan

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Sabtu, 03 Apr 2021 21:11 WIB
Polda NTB
Foto: Polda NTB
Jakarta -

Polres Lombok Tengah (Loteng) Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar vaksinasi COVID-19 Drive Thru di area Jalan Dipenogoro, depan Pengadilan Negeri Loteng pada Kamis (1/4) lalu. Kapolres Loteng, AKBP Esty Setyo Nugroho mengatakan vaksinasi tersebut menyasar ratusan pengguna jalan yang melintas, serta ke depan akan menargetkan pasar dan Posyandu.

"Untuk hari ini kita targetkan 100 vaksin untuk pengguna jalan. Melihat antusiasme masyarakat yang mengikuti vaksin ini, kemungkinan akan kita tambah. Tergantung dinamika nantinya," kata Esty dalam keterangan tertulis, Sabtu (3/4/2021).

Esty menjelaskan, layanan vaksin drive thru kali ini bertujuan mencegah kerumunan di rumah sakit dan puskemas. Sekaligus sebagai upaya untuk menekan laju penyebaran virus Corona.

"Kalau kita hanya mengandalkan rumah sakit dan Puskemas sebagai tempat vaksin maka khawatir di sana masyarakat ngantre dan melakukan kerumunan. Sehingga kami melakukan cara seperti ini, yakni vaksin drive thru," terangnya.

Guna meyakinkan masyarakat akan keamanan vaksin, Esty mengungkapkan pihaknya bersama TNI, Pemda Loteng, tokoh agama terus berupaya untuk melakukan sosialisasi, bahkan sampai ke tingkat dusun.

"TNI Polri merupakan penyangga pesan. Jadi, kita terus gaungkan keamanan vaksin ini kepada masyarakat. Alhamdulillah, sekarang animo masyarakat cukup tinggi untuk mensukseskan program vaksinasi ini," paparnya.

Polda NTBVaksinasi Drive Thru di Lombok Tengah Sasar Ratusan Pengguna Jalan Foto: Polda NTB

Sementara itu Pemerintah Daerah Loteng yang diwakili Plt. Asisten I Sekda Murdi menyampaikan dukungan penuh terhadap kegiatan vaksin drive thru. Mengingat kondisi saat ini dengan semakin meningkatnya kasus COVID-19.

"Kami sangat mengapresiasi terobosan vaksin drive thru. Ini bagian yang sangat inovatif. Sebuah strategi restorasi kehidupan untuk membangkitkan sendi kehidupan yg diporak porandakan oleh pandemi COVID-19," katanya.

Meski sudah divaksin, Murdi mengimbau masyarakat agar tidak abai terhadap protokol kesehatan. Sebab, vaksinasi hanya meningkatkan kekebalan tubuh, namun tidak menjamin masyarakat tidak bisa terinfeksi Corona.

"Kami berharap vaksin drive thru ini terus dimasifkan. Ini merupakan ladang dedikasi dan amal kita kepada masyarakat Loteng," tuturnya.

Polda NTBFoto: Polda NTB

Di sisi lain, salah seorang pengguna jalan yang mengikuti vaksin drive thru, Ira mengapresiasi langkah jajaran Polres Loteng yang telah menggelar vaksin drive thru.

"Setelah divaksin saya merasa tenang. Pokoknya, tidak ada keraguan untuk divaksin. Vaksin ini sangat bermanfaat. Semoga setelah semua masyarakat mengikuti vaksin, COVID-19 ini segera berakhir," pungkasnya.

(akn/ega)