Masjid Nurul Jannah Jagakarsa Tersambar Petir, Kubah Penyok-Atap Bolong

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 03 Apr 2021 14:54 WIB
Masjid Nurul Jannah di Jagakarsa, Jaksel tersambar petir pada Sabtu (3/4) dini hari.
Penampakan atap Masjid Nurul Jannah berlubang akibat tersambar petir. (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Masjid Nurul Jannah di Jagakarsa, Jakarta Selatan, tersambar petir dini hari tadi. Kejadian ini mengakibatkan kubah penyok hingga atap dan genteng masjid bolong.

Ketua DKM Masjid Nurul Jannah Mursan mengungkapkan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 01.30 WIB. Saat kejadian, Jagakarsa diguyur hujan disertai petir.

"Iya semalam kan hujan tuh. Hujan yang disertai dengan petir antara kira-kira jam 01.30-02.00 WIB, itu terjadi petir. Pas saya... rumah saya kan di depan tuh, pas itu mengkilat. Suara 'jeger' gitu," ujar Mursan saat ditemui di Masjid Nurul Jannah, Sabtu (3/4/2021).

Mursan menjelaskan petir itu menyambar kubah masjid yang terbuat dari aluminium. Akibatnya, atap masjid penyok hingga rontok.

Pantauan detikcom di lokasi, kerusakan parah terjadi di bagian ruangan utama masjid. Mayoritas atap di ruangan itu bolong.

Terlihat kayu dan plafon atap masjid rusak. Sebagian genteng juga sudah bolong. Jika hujan, air dapat dengan mudah menembus lubang besar itu.

Masjid Nurul Jannah di Jagakarsa, Jaksel tersambar petir pada Sabtu (3/4) dini hari.Masjid Nurul Jannah Jagakarsa Tersambar Petir, Kubah Penyok-Atap Bolong (Adhyasta Dirgantara/detikcom)

Selain itu, ada lampu di masjid yang rusak karena tertimpa reruntuhan. Namun, bekas reruntuhan tidak terlihat karena sudah dibersihkan oleh warga.

Kemudian, kubah masjid berwarna silver tampak penyok akibat tersambar petir. Mursan membeberkan masjid ini tidak dilengkapi penangkal petir.

"Nggak ada penangkal petir. Baru sekali ini kejadian, paling parah," imbuhnya.

Mursan menambahkan tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini. Sedangkan kerusakan akibat petir belum diperbaiki.

Simak juga 'Hujan Disertai Angin di Sumedang, 1 mobil Tertimpa Tenda Masjid':

[Gambas:Video 20detik]



(mei/mei)