Warga Tembagapura Papua Deklarasi Tolak KKB, Minta TNI-Polri Tetap Jaga

Audrey Santoso - detikNews
Sabtu, 03 Apr 2021 02:58 WIB
Warga Tembagapura Papua Deklarasi Tolak KKB. Minta TNI-Polri Tetap Jaga
Foto: Warga Tembagapura Papua Deklarasi Tolak KKB (Dok. Istimewa)
Mimika -

Sejumlah warga Papua menggelar deklarasi tolak kelompok kriminal bersenjata (KKB). Deklarasi itu digelar di Kampung Waa Banti, Utikini Baru, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua.

"Kami menolak keras kelompok kriminal bersenjata yang akan masuk mengganggu keamanan di kampung kami," seru Pendeta Giman Magay di lokasi acara, dikutip detikcom dari rilis Satgas Nemangkawi, Jumat (2/4/2021).

Pendeta Giman Magay juga meminta agar TNI-Polri terus menjaga masyarakat yang beraktivitas sehari-hari, seperti mendukang dan berkebun di area perkampungan di Utikini hingga di Banti 1 dan Banti 2.

Acara deklarasi yang mengusung tema 'Penolakan Tindak Kekerasan' ini dihadiri 150 warga, terdiri dari tokoh muda, kepala suku serta masyarakat kampung setempat. Sejumlah warga membawa bendera merah putih.

Disebutkan juga, Pendeta Giman mengajak semua kepala kampung, tokoh- tokoh agama dan tokoh masyarakat supaya bekerja sama mendukung penuhTNI-Polri,

"Kami menolak keras adanya kelompok-kelompok yang akan masuk dan membuat kacau atau onar, karena mereka aangat menganggu ketenangan warga, khususnya di wilayah Tembagapura," tutur tokoh pemuda, Jos Magay.

Sementara itu Kasatgas Humas Nemangkawi, Kombes M Iqbal Alqudussy yang menghadiri acara tersebut mengapresiasi deklarasi tersebut. Iqbal berharap warga di wilayah lain dapat mengikuti jejak warga Kampung Waa Banti.

"Hal ini menjadikan contoh bagi wilayah lain untuk bersama sama TNI-Polri dalam menjaga kamtibmas, terutama memerangi KKB," ujar Iqbal.

Simak juga '18 Kasus Teror Dilakukan KKSB Sepanjang Februari 2021':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/maa)