Kunjungi Makassar, Panglima TNI Cek Langsung Pengamanan Paskah

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 03 Apr 2021 00:19 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Kunjungi Gereja-gereja di Makassar
Foto: Dok. Istimewa
Makassar -

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto mengecek langsung pengamanan Paskah 2021 di Makassar. Hadi memastikan tidak ada tempat bagi terorisme di Tanah Air.

"Sebagaimana ditekankan oleh Presiden bahwa tidak ada tempat bagi terorisme di tanah air, sehingga kita harus bahu-membahu untuk memerangi ideologi kekerasan di Indonesia." kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, di Gereja Katedral Makassar Sulawesi Selatan, Jumat (02/04/2021).

Dalam kunjungan kali ini Hadi didampingi oleh Kabaintelkam Polri, Komjen Pol Paulus Waterpauw. Hadi sempat melihat dan berdialog secara langsung dengan para umat di Gereja Paroki Maria Ratu Kare, Gereja Manggamaseang, Gereja Katedral dan Gereja Immanuel Makassar.



Lebih lanjut Hadi menekankan negara akan menjamin kebebasan setiap pemeluk agama untuk melaksanakan ibadah sesuai keyakinan dan kepercayaannya masing-masing. Dia memastikan perayaan paskah bagi umat kristiani akan aman dan damai.

"Hari ini saudara-saudara kita umat Kristiani sedang melaksanakan ibadah Jum'at Agung, baik di gereja maupun di rumah masing-masing, Pengamanan yang dilaksanakan oleh TNI dan Polri di gereja-gereja di seluruh Indonesia adalah untuk memberikan keyakinan dan rasa aman kepada umat dalam beribadah, khususnya menjelang Paskah pada hari Minggu yang akan datang," ucap Hadi.

Dia meyakini hal tersebut atas dasar perintah Presiden Jokowi bagi TNI dan Polri untuk meningkatkan pengamanan tempat-tempat peribadatan menjelang Paskah dan saat pelaksanaan Paskah.

"Kita semua berharap agar perayaan Paskah di seluruh Indonesia dapat berjalan dengan aman dan damai," tegas Panglima TNI saat meninjau lokasi ke-4 Gereja Katedral Makassar.

Saat meninjau Gereja Katedral Makassar, Hadi juga sempat berbincang dengan umat gereja. Dia mempertanyakan apakah kondisi aman sejauh ini.

"Aman ya ?" sebut Hadi menyapa Umat Kristiani yang berada di lokasi.

"Aman Bapak Panglima, terima kasih," jawab para umat.

(maa/maa)