Nasaruddin Umar: Masjid Istiqlal Berpartisipasi Beri Rasa Aman Jemaat Katedral

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 02 Apr 2021 12:52 WIB
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (Dhika-detikcom)
Foto: Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (Dhika-detikcom)
Jakarta -

Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar mengatakan Masjid Istiqlal turut berpartisipasi mengamankan pelaksanaan ibadat Jumat Agung di Gereja Katedral Jakarta. Nasaruddin menyebut ini sebagai bentuk solidaritas sesama manusia.

"Pertama tentu solider kami kepada saudara kami, kami juga melihat dan menyaksikan pelaksanaan ibadah saudara-saudara kami dengan tenang dan baik, maka Istiqlal juga ikut berpartisipasi bagaimana ikut serta berikan rasa aman, dan tenang terhadap saudara-saudara kami yang sedang menjalankan ibadahnya," kata Nasaruddin saat ditemui di Pintu Al-Fattah Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (2/4/2021).

Nasaruddin juga mengatakan Istiqlal menyediakan lahan parkir untuk jemaat Gereja Katedral. Dia juga mengatakan hal ini sering terjadi, setiap hari raya, katanya, antara Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral saling membantu.

"Memang sejak kemarin-kemarin ini sebelum renovasi kita sudah buka kok, teman kita parkirnya terbatas, sementara di sini kan luas, apalagi hari Minggu kan relatif kosong nih kita pinjamkan ke Katedral. Kita dalam hari raya tertentu juga pinjam, misalnya Idul Fitri, Idul Adha kita dipinjamkan juga parkirnya. Ini kan toleransi lapangan parkir, satu cerminan yang sangat indah," tuturnya.

Seperti diketahui, Umat kristiani hari ini melaksanakan ibadat Jumat Agung, yang masuk dalam rangkaian Pekan Suci Paskah 2021. Polisi melakukan penyisiran untuk memastikan menjelang ibadah Jumat Agung aman.

Pantauan di lokasi, personel TNI-Polri menyisir area dalam Gereja Katedral Jakarta, Jakarta Pusat. Mereka berjalan menyusuri Gereja sambil menggenggam senjata laras panjang.

Selain TNI-Polri, petugas dari Dishub hingga Satpol PP juga bergabung mengamankan acara hari ini. Kapolsek Sawah Besar AKP Maulana Mukarom mengatakan total ada 150 personel gabungan yang bertugas selama Pekan Suci Paskah 2021.

Gereja Katedral Jakarta akan menggelar ibadat Paskah pada pukul 15.00 WIB dan 18.00 WIB. Setiap jemaat yang tiba diwajibkan mendaftarkan diri secara online dan scan barcode.

Simak video 'Masjid Istiqlal Sediakan Parkir Bagi Jemaat Misa Jumat Agung':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/gbr)