Demokrat: SBY-AHY Siap Maafkan Moeldoko Jika Menyesal!

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 02 Apr 2021 10:56 WIB
Kamhar Lakumani (Dokumentasi pribadi).
Kamhar Lakumani (Foto: dok. pribadi)
Jakarta -

Partai Demokrat (PD) akan membuka pintu maaf bagi Kepala KSP Moeldoko asalkan Moeldoko bersungguh-sungguh meminta maaf dan menyesali perbuatannya.

"Saya berpandangan, dari sisi hubungan kemanusiaan, Pak SBY dan Mas Ketum AHY pasti bisa membuka pintu maaf jika Pak Moeldoko meminta maaf dan bersungguh-sungguh menyesali perbuatannya," kata Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani kepada wartawan, Jumat (2/4/2021).

"Ini sekaligus menujukan sisi kedewasaan dan kemanusiaan Mas Ketum dalam merespons dan mengelola konflik. Matang dan dewasa," imbuh Kamhar.

Meski Partai Demokrat membuka pintu maaf, untuk dukungan politik tidak akan mudah jika Moeldoko jika berniat bergabung bersama Demokrat. Menurut Kamhar, ada sejumlah pertimbangan yang mesti dibahas terlebih dahulu.

"Tentu akan mempertimbangkan rekam jejak politik Pak Moeldoko dan berbagai variabel lainnya, dan ini akan menjadi bab tersendiri yang butuh pembahasan lebih lanjut," ucapnya.

Kamhar menyebut Moeldoko, yang dikabarkan akan maju di Pilgub DKI 2024, harus bersaing dengan kader Demokrat lainnya. Menurut Kamhar, PD hingga saat ini belum membahas untuk menyiapkan Moeldoko di Pilgub DKI 2024.

"Sampai saat ini belum ada pembahasan di Bappilu ataupun arahan dari Bang Andi Arief selaku Kepala Bappilu untuk mempersiapkan pembahasan terkait Pak Moeldoko untuk Pilgub DKI. Karena kewenangan Pilgub ada di Majelis Tinggi Partai (MTP), tentu kami akan menghormati dan menjalankan apa yang menjadi keputusan MTP yang diketuai Pak SBY," pungkasnya.

Simak video 'Kata Demokrat soal Potensi Moeldoko Gabung Kubu AHY':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/gbr)