ADVERTISEMENT

Demokrat Rangkul Kubu Moeldoko, AHY Ambil Momentum Dongkrak Elektabilitas?

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 02 Apr 2021 08:19 WIB
Ketum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menggelar konferensi pers usai Kepengurusan KLB PD Moeldoko Ditolak
Agus Harimurti Yudhoyono (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Partai Demokrat (PD) siap merangkul eks kader di kubu Moeldoko untuk bergabung kembali dengan partainya. Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menilai keputusan itu diambil untuk menaikkan elektabilitas Ketum PD Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

"Tentu itu ada momentum lanjutan, pertama ada momentum kemenangan AHY, katakanlah, dengan ditolaknya KLB kubu Moeldoko. Kedua, AHY tidak ingin kehilangan momentum berikutnya. Artinya, dia harus menjadi tokoh yang bijak dalam konteks persoalan konflik di tubuh Partai Demokrat," kata Ujang kepada wartawan, Kamis (1/4/2021).

"Personal yang bijak itu diungkapkan dengan cara merangkul pihak-pihak yang berseberangan atau mantan kader yang mengkudetanya. Tentu ini semua dalam konteks politik tentu ini akan menaikkan elektabilitas AHY itu sendiri. Tentu AHY akan bermain panjang, tidak hanya dalam konteks menang, pemerintah dengan ditolaknya kubu KLB lalu ada terusan cerita lainnya. Masalah terusan cerita itu ya terkait AHY merangkul pihak-pihak itu tadi, pihak yang mengkudetanya sendiri," sambungnya.

Ujang kemudian menyinggung Marzuki Alie dan kawan-kawan yang mencabut gugatan terhadap AHY di pengadilan. Ujang menilai adanya kemungkinan Marzuki Alie kembali ke Partai Demokrat.

"Kita tahu, sebelum keputusan penolakan KLB kubu Moeldoko, itu kan Marzuki Alie juga kan mencabut, menarik gugatan terhadap AHY di pengadilan itu. Itu kan ada indikasi-indikasi, katakanlah pihak-pihak yang mengkudeta itu juga bisa bersatu kembali. Di politik itu tidak ada yang tidak mungkin," kata dia.

Tonton video 'Kata Demokrat soal Potensi Moeldoko Gabung Kubu AHY':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT