detikcom Do Your Magic

Usai Titik Terakhir Galian Manhole Jl Tendean, Lalin Kembali Lancar

Afzal Nur Iman - detikNews
Kamis, 01 Apr 2021 15:47 WIB
Titik galian terakhir di Jl Kapten P Tandean, Jakarta Selatan yang bikin macet.
Titik galian terakhir di Jl Kapten P Tandean, Jakarta Selatan, yang bikin macet. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta -

Kemacetan terjadi di Jl Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, karena lubang galian manhole untuk utilitas yang memakan hampir setengah badan jalan. Di titik terakhir galian, jalan kembali lancar.

Pantauan detikcom di lokasi, tepatnya di titik terakhir galian di lampu merah menjelang Jl Wijaya, Kamis (1/4/2021), pukul 14.50 WIB, terlihat jalan kembali lancar. Di simpang jalan, petugas polisi dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta sedang mengatur lalu lintas.

Jalan hanya sesekali tersendat akibat lampu merah yang berada di ujung jalan. Jika lampu berwarna hijau, pengendara bisa melaju dengan lancar.

Padahal, persis sebelum melewati galian terakhir, kendaraan masih terjebak macet. Kemacetan terjadi hampir di sepanjang Jl KP Tendean. Hanya ada beberapa ruas jalan yang sedikit lancar, namun ketika bertemu lubang galian, mobil akan kembali mengantre untuk lewat.

Sebelum memasuki jalan, terdapat spanduk pengumuman bahwa di jalan tersebut sedang ada pekerjaan proyek. Di jalan tersebut, sedang ada galian Sarana Jaringan Utilitas Terpadu (SJUT).

"Program SJUT dalam rangka kerapian Kota Jakarta, penataan trotoar, pengembangan Jakarta Smartcity, dan penertiban jaringan utilitas," demikian tulisan spanduk tersebut.

Kepala Bagian Operasional Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karo Sekali mengatakan penyebab kemacetan adalah galian di Tendean.

Usai galian manhole di Jl Kapten Tendean selesai. Lalu lintas kembali lancar.Setelah galian manhole di Jl Kapten Tendean selesai. Lalu lintas kembali lancar. (Afzal Nur Iman/detikcom)
(aik/aik)