detikcom Do Your Magic

#ParkirUntukSepeda di 22 Stasiun KRL: Banyak Rak Sepeda Masih Kosong

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 31 Mar 2021 20:56 WIB
Petugas mengecek sepeda yang terparkir di Stasiun Bekasi, Jawa Barat, Senin (22/3/2021).
Rak parkir sepeda di stasiun KRL Bekasi. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyatakan telah menyediakan rak #ParkirUntukSepeda di 22 stasiun KRL kawasan Jakarta dan sekitarnya. Begini kondisi rak sepeda tersebut di tiap stasiun.

detikcom Do Your Magic mengecek stasiun-stasiun yang disebut oleh PT KAI itu sejak 17 hingga 31 Maret 2021. Stasiun-stasiun ini termasuk dalam 22 lokasi yang disebutkan oleh PT KAI.

Dari stasiun-stasiun yang sudah menyediakan rak parkir sepeda, masih banyak rak sepeda yang kosong. Rak parkir sepeda yang kosong melompong terlihat di Stasiun Cibitung, Bekasi Timur, Kranji, Jayakarta, Palmerah, Kebayoran, Lenteng Agung, dan Pondok Cina.

Berikut ini hasil pantauan kondisi 22 Stasiun KRL kawasan Jakarta, Bekasi, dan Depok yang dinyatakan PT KAI sudah menyediakan rak parkir sepeda:

1. Stasiun Cibitung

Berdasarkan pantauan di Stasiun Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jumat (26/3), pagi hari, rak sepeda sudah tersedia. Letaknya berdekatan dengan parkir sepeda motor, tanpa atap.

Tidak terlihat ada sepeda yang terparkir di rak baru ini. Pada hari-hari sebelumnya, sepeda dari pengguna KRL biasa diparkir di pagar dekat tangga.

Parkir sepeda di Stasiun Cibitung, 26 Maret 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)Parkir sepeda di Stasiun Cibitung, 26 Maret 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)

2. Stasiun Tambun

Rak parkir sepeda yang disediakan PT KAI juga tampak di Stasiun Tambun, Kabupaten Bekasi. Pantauan di lokasi pada Jumat (26/3), pukul 11.30 WIB, rak parkir sepeda sudah tersedia di dekat area parkir sepeda motor untuk karyawan stasiun, lokasinya ada di sebelah gardu milik PLN.

Ada tiga sepeda terlihat terparkir di dengan rapi. Lokasinya sedikit lebih teduh karena terlindungi bayang-bayang gardu listrik ini. Sedangkan parkir sepeda motor, tidak ada teduhan sama sekali. Namun masih ada sepeda yang tidak diparkir di rak baru itu.

Sepeda-sepeda terparkir di Stasiun Tambun, Bekasi, 26 Maret 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)Sepeda-sepeda terparkir di Stasiun Tambun, Bekasi, 26 Maret 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)

3. Stasiun Bekasi Timur

Rak sepeda juga sudah tersedia di Stasiun Bekasi Timur, Jl Ir H Juanda, Kota Bekasi, dipantau detikcom pada Jumat (26/3), pukul 08.30 WIB. Lokasi area parkir sepeda berada dekat dengan parkir sepeda motor yang lebih luas. Tempat parkir berada di ujung dekat dengan jalan keluar stasiun.

Rak parkir sepeda juga diberi garis berwarna merah untuk menandakan bahwa ruang tersebut merupakan tempat untuk sepeda. Namun sayangnya, justru sepeda motor yang parkir di dalam garis merah tersebut. Pagi ini tidak terlihat sepeda yang terparkir di rak yang disediakan PT KAI.

Kondisi area rak parkir sepeda di Stasiun Bekasi Timur, 26 Maret 2021, pukul 08.30 WIB. (Afzal Nur Iman/detikcom)Kondisi area rak parkir sepeda di Stasiun Bekasi Timur, 26 Maret 2021, pukul 08.30 WIB. (Afzal Nur Iman/detikcom)

Selanjutnya, Stasiun Bekasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4