detikcom Do Your Magic

Melihat Rak #ParkiruntukSepeda di Beberapa Stasiun KRL DKI dan Bekasi

Afzal N - detikNews
Rabu, 17 Mar 2021 20:31 WIB
Rak parkir sepeda di stasiun-stasiun KRL. (Dok PT KAI Daop 1 Jakarta)
Rak parkir sepeda di stasiun-stasiun KRL. (Dok. PT KAI Daop 1 Jakarta)
Jakarta -

Kini fasilitas parkir sepeda sudah tersedia di 22 stasiun KRL Jakarta dan sekitarnya. Fasilitas tersebut dikatakan sudah ada sejak pertengahan Februari, begini kondisi fasilitas parkir tersebut.

Tim detikcom melihat fasilitas rak sepeda di beberapa stasiun pada Hari Rabu (17/3/2021). Di Stasiun Juanda pada pukul 17.55 WIB terlihat tiga buah rak parkir sepeda berjejer dengan rapi. Namun tidak terlihat ada yang parkir di rak tersebut.

Kondisi tempat parkir tersebut cukup baik dengan lokasi yang cukup strategis dari sisi keamanan. Lokasinya berada di dekat pos keamanan dan Pos Polisi Stasiun Juanda. Tempat parkir itu juga terlihat dari bangunan stasiun.

Parkir Sepeda di Stasiun JuandaParkir Sepeda di Stasiun Juanda (Afzal Nur Iman/detikcom)

Kondisi sama terlihat di Stasiun Klender pada pukul 18.50 WIB, lokasi rak parkir sepeda juga terliat dekat dengan posko keamanan stasiun. Tempat parkir juga dekat dengan pintu keluar untuk motor.

Di luar posko keamanan terlihat petugas yang sedang duduk santai. Dari tempat tersebut hanya berjarak sekitar 5 meter dari fasilitas parkir yang sedang terparkir sebuah sepeda. Berbeda dengan Stasiun Juanda, di Stasiun Klender hanya terlihat satu rak parkir sepeda.

Sayangnya, jika pengendara sepeda yang berasal dari belakang stasiun atau Jl I Gusti Ngurah Rai harus berputar cukup jauh untuk menuju lokasi parkir. Jika tidak ingin berputar pengendara sepeda harus mau mengangkat sepedanya melalui tangga yang disediakan.

Parkir sepeda di Stasiun Klender.Parkir sepeda di Stasiun Klender. (Afzal Nur Iman/detikcom)

Fasilitas parkir sepeda sangat terasa bermanfaat di Stasiun Bekasi. Pada pukul 19.00 WIB, terlihat ada 5 sepeda yang ditaruh di rak tersebut. Beberapa sepeda lipat yang biasa dibawa masuk ke kereta juga terlihat terparkir rapi di sana. Di stasiun ini ada dua rak parkir sepeda yang disediakan.

Kondisi di Stasiun Bekasi berbeda dengan sebelumnya. Pantauan detikcom pada Rabu (20/1), tempat sepeda hanya berupa gawang besi dengan tiga tiang.

Kondisi parkir sepeda di setiap stasiun ini cukup baik dengan satu bentuk rak sepeda. Cat warna-warni membuat rak tersebut terlihat mencolok meski dari jarak jauh. Namun, di tiga stasiun tersebut, parkir sepeda masih belum memiliki atap.

Parkir sepeda di Stasiun Bekasi.Parkir sepeda di Stasiun Bekasi. (Afzal Nur Iman/detikcom)

(aik/aik)