Ruang Isolasi Mandiri di Kampung Tangguh Bojong Nangka Serasa Kamar Kos

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 31 Mar 2021 16:11 WIB
Fasilitas di Kampung Tangguh Jaya RW 15 Kelurahan Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Foto dirikim Kompol Awaludin.
Foto: Kampung Tangguh Jaya RW 15 Kelurahan Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang (dok.istimewa)
Jakarta -

Tingkat keterisian rumah sakit khusus COVID-19 di Kabupaten Tangerang kian meningkat seiring dengan meningkatkan angka positif COVID-19. Berangkat dari kondisi tersebut, Kampung Tangguh Jaya di RW 15 Kelurahan Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, menyiapkan ruang isolasi mandiri bagi warga yang terpapar COVID-19.

Kampung Tangguh Jaya di bawah pengasuhan Direktur Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Mukti Juharsa ini punya fasilitas ruang isolasi mandiri yang memadai bagi warga yang terpapar COVID-19.

"Dengan adanya ruang islolasi mandiri di Kampung Tangguh Jaya RW 15 Kelurahan Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua ini, diharapkan warga yang terpapar COVID bisa menjalani isolasi mandiri dengan nyaman," ujar Kombes Mukti Juharsa dalam keterangan kepada wartawan, Rabu (31/3/2021).

Ruang islomasi mandiri ini tadinya adalah pendopo RT. Satgas Kampung Tangguh Jaya kemudian 'menyulapnya' menjadi kamar isolasi mandiri. Kamar tersebut memiliki dua tempat tidur yang bisa menampung 2 pasien isolasi mandiri.

Ruang isolasi mandiri ini memiliki fasilitas mulai dari televisi, air conditioner dan kamar mandi. Di depan kamar isolasi mandiri ini terdapat sarana tempat untuk berjemur dan berolahraga.

"Kemudian ada petugas yang setiap hari membersihkan, termasuk melakukan penyemprotan disinfektan ketika pasien sedang berjemur," ujarnya.

Seorang pasien yang melakukan isolasi mandiri, Frangky berterima kasih kepada relawan Kampung Tangguh Jaya yang membantunya mendapatkan tempat untuk isolasi mandiri.

"Saya di sini ingin mengucapkan terima kasih kepada para relawan COVID dari KTJ dan PMJ yang membantu dan support saya hari ini, terima kasih atas segala pengertian dan fasilitas yang diberikan. Di sini fasilitasnya sangat lengkap, ada AC kasur, ruang tunggu, sofa, televisi, dispenser, lengkap. terima kasih kepada para relawan yang menjaga saya dari hari pertama sampai sekarang," ujar Frangky.

Sementara itu, keluarga Yosmanong berterima kasih kepada relawan yang memberikan perhatian selama isolasi mandiri. Mereka bersyukur saat ini sudah dinyatakan sembuh.

"Terima kasih atas kepeduliannya, perhatiannya baik hal-hal yang berkaitan dengan materil vitamin, sumbangan sembako dan support psikologisnya sehingga kami memiliki semangat untuk sembuh. Kami dipantau dari hari pertama sampai sekarang sudah sembuh," kata Yosmanong.

Fasilitas di Kampung Tangguh Jaya RW 15 Kelurahan Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Foto dirikim Kompol Awaludin.Ruang Isolasi Mandiri di Kampung Tangguh Bojong Nangka Serasa Kos Sendiri (dok.istimewa)


Peran Kampung Tangguh

Kampung Tangguh Jaya di RW 15 Kelurahan Bojong Nangka ini sudah berdiri selama satu bulan lebih. Kampung Tangguh Jaya RW 15 ini berperan dalam menurunkan angka positif COVID-19.

"Ketika kami pertama datang membuat Kampung Tangguh Jaya di sini ada 35 orang yang terpapar COVID, sekarang tingga lima orang. Di mana dari 5 orang ini 1 orang isolasi mandiri di Kampung Tangguh, lainnya ada yang isolasi mandiri di rumah dan ada yang di rumah sakit," papar Mukti.

Kampung Tangguh Jaya RW 15 ini menumbuhkan kemandirian masyarakat dalam menangani COVID-19. Warga melaksanakan kedisiplinan 3T dan 5M secara mandiri.

"Warga bisa melakukan testing antigen kapan saja. Ketika misalnya dia merasakan badannya kurang sehat dan ingin dites kita sudah siapkan alatnya, sehingga nanti ketika begitu reaktif akan ditindaklanjuti dengan swab PCR dan ketika hasilnya positif, nanti kita lakukan langkah-langkah lain misalnya membawa ke rumah sakit atau fasilitas mandiri. Sehingga penanganannya cepat dan tracing pun bisa dilakukan dengan cepat," paparnya.

Di Kampung Tangguh ini, masyarakat juga tidak perlu khawatir kehabisan masker. Tersedia kios masker gratis bagi warga di beberapa titik.

(mea/fjp)