Polri Ungkap Alasan Polsek di Polda Metro Masih Bisa Lakukan Penyidikan

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Rabu, 31 Mar 2021 16:53 WIB
Ilustrasi Gedung Mabes Polri di Jakarta
Gedung Mabes Polri (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan keputusan tidak semua kepolisian sektor (polsek) bisa melakukan penyidikan. Namun semua polsek yang berada di wilayah hukum Polda Metro Jaya tetap bisa melakukan penyidikan.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan DKI Jakarta memiliki karakteristik tersendiri. Pasalnya, Jakarta diisi masyarakat yang homogen serta dinamis.

"Kalau Jakarta ini punya karakteristik sendiri. Ibu kota ini. Dengan masyarakatnya yang homogen, yang dinamis," ujar Rusdi kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (31/3/2021).

Rusdi menyebut setiap polsek melakukan penyesuaian dengan aktivitas masyarakat di sekitarnya. Rusdi mengatakan hal itu menjadi salah satu pertimbangan polsek di jajaran Polda Metro Jaya boleh melakukan penyidikan.

"Tentunya aktivitas polsek juga disesuaikan dengan aktivitas masyarakat. Kalau di Jakarta, polsek tetap melakukan tindakan kepolisian dan melakukan penyidikan," tuturnya.

Rusdi menyebut wilayah hukum Polda Metro Jaya yang meliputi DKI Jakarta dan sejumlah wilayah di sekitarnya berbeda dari daerah lainnya. Jakarta merupakan ibu kota Indonesia yang punya kondisi khusus.

"Jakarta ini khusus. Situasinya berbeda dengan kondisi-kondisi yang lain," tutup Rusdi.

Sebelumnya, Jenderal Sigit mengeluarkan keputusan terkait polsek. Isinya, tidak semua polsek dapat melakukan penyidikan. Totalnya ada 1.062 polsek di Indonesia yang tidak bisa lagi melakukan penyidikan.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Kapolri Nomor Kep/613/III/2021 tentang Penunjukan Kepolisian Sektor Hanya untuk Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat pada Daerah Tertentu (Tidak Melakukan Penyidikan). Keputusan ini adalah tindak lanjut program prioritas Jenderal Sigit yang disampaikan pada Commander Wish.

Dari seluruh polda, tak ada polsek di Polda Metro Jaya yang dinyatakan tidak melakukan penyidikan. Itu berarti semua polsek di Polda Metro Jaya dapat melakukan penyidikan.

(haf/haf)