Polri: 1 Terduga Teroris Ditangkap di Makassar Kelompok Kajian Villa Mutiara

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Rabu, 31 Mar 2021 15:08 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono (Adhyasta/detikcom)
Jakarta -

Densus 88 Antiteror Polri kembali menangkap 1 terduga teroris berinisial I (40) yang berkaitan dengan bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar. Terduga teroris itu juga masuk Kajian Villa Mutiara.

"I ini adalah masuk dalam kelompok Villa Mutiara," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono kepada wartawan di Mabes Polri, Rabu (31/3/2021).

Rusdi mengatakan I ditangkap kemarin di Makassar. "Untuk data terbaru, di Makassar kemarin telah dilakukan penangkapan lagi terhadap seorang laki-laki inisial I berumur 40 tahun," ungkapnya.

Dia mengungkapkan saat ini pihaknya tengah mendalami perihal keterkaitan I dengan Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Terutama sejauh mana I terlibat dengan JAD.

"Sekarang sedang pendalaman sejauh mana keterlibatan I dalam aktivitas JAD di Makassar," ucap Rusdi.

Dengan demikian, lanjut Rusdi, hingga saat ini Densus 88 telah menangkap 8 terduga teroris di Makassar pascaledakan bom bunuh diri yang dilakukan pasangan suami istri (pasutri) L dan YSF di depan Gereja Katedral Makassar.

"Jadi untuk di Makassar sampai saat ini telah diamankan 8 orang," imbuh Rusdi.

Seperti diketahui, Densus 88 Antiteror Polri telah menangkap tujuh terduga teroris yang terlibat dalam bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Polri menyebut ketujuh terduga teroris itu termasuk jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

"Jadi, terkait dengan kegiatan ini yang jelas terafiliasi dengan jaringan JAD, yang saya sampaikan tadi bahwa kasus yang terjadi bom bunuh diri tersebut adalah jaringan JAD," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (30/3).

Adapun ketujuh terduga teroris yang berkaitan dengan bom bunuh diri di depan Katedral Makassar adalah AS, SAS, MR, AA, MM, M, dan MAN. Ketujuhnya ditangkap sejak Minggu (28/3) lalu.

Simak video 'Densus 88 Tangkap 3 Wanita Terduga Teroris di Makassar':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/idh)