Komisi B DPRD Minta Dishub Penuhi Janji Wagub DKI soal Trotoar Kuningan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 31 Mar 2021 10:53 WIB
Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Abdul Aziz
Foto: Abdul Aziz (Dok. Humas Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta)
Jakarta -

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Abdul Aziz meminta Dinas Perhubungan menindaklanjuti solusi dari Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria (Ariza) untuk menyelesaikan masalah trotoar depan Kuningan City, Jakarta Selatan. Sehingga, tidak ada lagi pemotor yang berputar balik di trotoar tersebut. Menindaklanjuti arahan itu berarti memenuhi janji Wagub Ariza.

"Seharusnya segera tindak lanjuti Dishub ini. Minimal ada petugas," ucap Abdul Aziz saat dihubungi, Rabu (31/3/2021).

Trotoar penyeberangan pejalan kaki jadi tempat putar balik pemotor di Jl Prof Dr Satrio, Kuningan, Jaksel, 22 Maret 2021. (Kadek Melda Luxiana/detikcom)Trotoar penyeberangan pejalan kaki jadi tempat putar balik pemotor di Jl Prof Dr Satrio, Kuningan, Jaksel, 22 Maret 2021. (Kadek Melda Luxiana/detikcom) Foto: Trotoar penyeberangan pejalan kaki jadi tempat putar balik pemotor di Jl Prof Dr Satrio, Kuningan, Jaksel, 22 Maret 2021. (Kadek Melda Luxiana/detikcom)

Menurut Aziz, Dishub harus memberikan solusi soal adanya pengendara yang putar balik di trotoar. Dishub harus mengkaji apakah perlu dibuat putaran di dekat tempat melanggar atau tidak.

Namun, jika ternyata sudah ada putar balik seperti di dekat Kuningan City, maka perlu ada ketegasan dari Dinas Perhubungan.

"Kalau sudah ada, berarti tinggal penegakan hukum yang harus dilakukan, atau ditinggikan pembatasnya," katanya.

Sepekan lalu, yakni 23 Maret, Wagub Riza Patria menyampaikan masalah ini sudah dirembuk bersama Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo. Dia berjanji bakal membuat pembatas sehingga pemotor tidak bisa putar balik di trotoar itu.