Round-Up

Geger Piton Telan Anak Lembu Bulat-bulat Akhirnya Dilepas ke Habitat

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 30 Mar 2021 22:32 WIB
Petugas evakuasi ular piton 7 meter di Aceh Besar yang memangsa anak lembu (dok BPBD Aceh Besar)
Petugas mengevakuasi ular piton 7 meter di Aceh Besar yang memangsa anak lembu. (dok BPBD Aceh Besar)
Aceh Besar -

Warga Aceh Besar, Aceh, digegerkan dengan penemuan ular piton sepanjang 7 meter. Yang semakin membuat geger adalah reptil tersebut ditemukan dalam kondisi usai memangsa anak lembu sehingga perutnya nampak sangat besar.

Kini ular tersebut telah dilepas ke habitatnya. Dia dilepasliarkan oleh beberapa petugas pemadam kebakaran (damkar) yang kemarin, Senin (29/3/2021), mengevakuasinya dari permukiman warga.

"Ular tersebut telah dilepasliarkan kembali ke alam habitatnya," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar Farhan kepada wartawan, Selasa (30/3).

Pelepasan ular piton itu ke habitatnya diabadikan dalam rekaman video. Ular itu tampak diturunkan dari mobil BPBD Aceh Besar di sebuah hutan di kawasan Aceh Besar.

Sejumlah petugas pemadam kebakaran (damkar) tampak melepas tali pengikat ular. Setelah itu, ular piton ditaruh di tanah.

Petugas evakuasi ular piton 7 meter di Aceh Besar yang memangsa anak lembu (dok BPBD Aceh Besar)Petugas mengevakuasi ular piton 7 meter di Aceh Besar yang memangsa anak lembu. (dok. BPBD Aceh Besar)

Ular tersebut tidak bergerak. Petugas kemudian mendorong ular ke bawah menggunakan kayu. Petugas damkar memastikan ular jauh dari jalan.

"Ular itu ditemukan di irigasi Krung Kala, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar. Menurut warga, ular itu telah menelan seekor anak lembu," kata Farhan kepada wartawan kemarin.

Penangkapan ular itu bermula saat warga melapor ke Pos Damkar BPBD Lhoong siang tadi. Petugas yang dipimpin Hendri Gunawan meluncur ke lokasi lalu memastikan keberadaan satwa itu.

Saat didatangi petugas, sebagian tubuh reptil itu tampak besar lantaran memangsa bulat-bulat seekor anak lembu. Setelah lakukan pengamatan, petugas menangkap ular tersebut.

Proses evakuasi memakan waktu sekitar sejam. Setelah ditangkap, petugas damkar mengikat ular untuk dibawa menggunakan mobil.

(aud/lir)