Berkas Penggugat Tak Lengkap, Sidang Gugatan PD AHY Vs Kubu KLB Diskors

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Selasa, 30 Mar 2021 13:35 WIB
Sidang gugatan PD AHY soal perbuatan melawan hukum KLB Deli Serdang
Sidang di PN Jakpus (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)
Jakarta -

Sidang perdana gugatan Partai Demokrat (PD) yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terhadap pihak yang mengklaim kongres luar biasa (KLB) Partai Demokrat diskors. Sidang diskors karena berkas pihak penggugat tidak lengkap.

Penggugat dalam sidang ini adalah AHY dan Teuku Riefky Harsya. Sedangkan tergugat I sampai X adalah Jhoni Allen dkk beserta Turut tergugat Menteri Hukum dan HAM RI.

Hakim ketua IG Eko Purwanto membuka sidang dan mengecek kelengkapan berkas kedua pihak. Hakim sempat menanyakan surat kuasa asli dari pihak penggugat yang belum ada di berkas perkara.

"Majelis hakim belum menerima itu, di berkas perkara hanya gugatan asli. Surat kuasanya belum ada, padahal pada sidang pertama tentunya yang harus diteliti adalah legal standing, bagaimana kami bisa mengetahui bapak-bapak ini adalah kuasa hukum penggugat," ujar hakim dalam sidang di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Selasa (30/3/2021).

Pihak penggugat menyebut sudah menyerahkan surat kuasa asli ke PTSP, tapi tidak memintanya kembali. Untuk itu, hakim menskors sidang dan meminta penggugat untuk melengkapi berkasnya.

"Ini bisa kita skorsing untuk melengkapi itu. Jadi bisa diurus di PTSP," ujar hakim.

Hakim kemudian mengecek kehadiran para pihak tergugat. Dalam hal ini, tergugat I Jhoni Allen Marbun, tergugat II Boyke Novrizon, tergugat III Supandi R Sugondo, tergugat IV Tri Julianto, tergugat V Marzuki Alie, tergugat VI Darmizal, tergugat VII Achmad Yahya, tergugat VIII Max Sopacua, tergugat IX Syofwatillah Mohzaib, Tergugat X Yus Sudarso, dan turut tergugat Menkumham.

Pihak tergugat I sampai X tidak hadir. Hanya pihak perwakilan Menkumham yang datang diwakili tiga orang.

"Kemudian untuk tergugat, tergugat sudah dilakukan pemanggilan terhadap tergugat I Jhoni Allen Marbun, telah dilakukan pemanggilan melalui juru sita PN Bogor tanggal 19 Maret 2021, relaas panggilannya ada, apakah tergugat I hadir? Tidak ada, tidak hadir," ucap hakim.

Hakim pun menyatakan pihak Pengadilan Tipikor telah melakukan pemanggilan terhadap para Tergugat I sampai X. Namun, mereka tidak hadir tanpa keterangan.

"Kenapa saya bacakan data relaas panggilan ini, untuk diketahui semuanya bahwa PN Jakpus telah memanggil para pihak berperkara dan pemanggilan tersebut relaas-nya semuanya telah kembali dan pihak-pihak yang saya sebutkan tadi tidak hadir sampai siang ini, tidak ada pemberitahuan," ujarnya.

Hakim kemudian menskors sidang untuk memberikan kesempatan pihak tergugat melengkapi berkas perkaranya. Sidang akan dibuka kembali pukul 14.00 WIB.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.