Tips Khusyuk Sholat: Wudhu hingga Sholat Diawal Waktu

Lusiana Mustinda - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 20:10 WIB
Jakarta -

Sholat adalah tiang agama dan menjadi rukun Islam yang kedua. Di hari kiamat wajib bagi seorang muslim mempertanggung jawabkan oleh seorang hamba di hadapan Allah SWT .

Dan salah satu hal terpenting ketika sholat adalah khusyuk, dimana seseorang tidak akan merasakan betapa nikmatnya ibadah teragung ini kecuali dengan kekhusyu'an. Hilangnya kekhusyu'an dalam sholat adalah musibah (bencana) besar bagi seorang mukmin.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 45 yang berbunyi:

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

Artinya: "Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu'," (QS. Al-Baqarah: 45).

Tips agar sholat lebih khusyuk:

1. Menyempurnakan wudhu

Langkah awal untuk dapat merasakan kekhusyukan dalam sholat adalah dengan menyempurnakan wudhu. Dinukil dari kitab Abwab al-faraj bahwa Imam sya'rani berkata: Hadirnya hati dalam sholat sesuai dengan kadar hudhur (kehadiran) dalam wudhu dan ini sudah diuji cobakan (terbukti).

2. Mempersiapkan diri sebelum sholat

Persiapkan diri sebelum sholat untuk menghadap Allah SWT adalah dengan memposisikan diri bahwa kita sedang menyembah dengan sebaik-baiknya, merasakan betapa lemah dan tidak berharganya kita dibandingkan kekuasaan-Nya.

3. Mengaplikasikan makna ihsan

Ihsan adalah sebagaimana yang disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW: Ihsan adalah engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya, jika engkau tidak melihatnya maka Dia melihat engkau. (HR. Muslim).

4. Sholat diawal waktu

Ketika menunaikan sholat secara berjamaah diawal waktu, maka hal tersebut sangat berimbas pada tingkat kekhusyu'an kita. Karena pada saat itu, waktu untuk menunaikan ibadah masih sangat panjang. Sehingga secara psikis, hati akan merasakan ketenangan ketika mengerjakannya.

5. Mencari tempat sholat yang nyaman

Diriwayatkan dari anas bin malik radhiyallahu'anhu: 'Aisyah mempunyai gorden yang dipasang di dinding rumahnya. Rasulullah SAW pun menyuruh 'Aisyah Radhiyallahu anha:

"Singkirkan lah gorden itu dari kita, karena lukisannya senantiasa membayangiku dalam sholatku." (HR. Bukhari).

6. Mengonsumsi makanan halal

Setiap makanan yang kita konsumsi mempunyai pengaruh terhadap jiwa, baik makanan yang halal ataupun haram.

Ada sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Wahai sekalian manusia, sesunguhnya Allah adalah baik dan tidaklah menerima kecuali yang baik. Sesungguhnya Allah memerintahkan kepada kaum mukminin sebagaimana perintah kepada para Rasul:

"Wahai sekalian para Rasul, makanlah yang baik-baik dan beramal sholihlah, sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan." (QS. Al-Mukminun: 51).

7. Menganggap sholat terakhir

Diriwayatkan dari anas bin malik radhiyallahu'anhu Rasulullah SAW bersabda: "Ingatlah akan kematian dalam sholatmu karena jika seseorang mengingat kematian dalam sholatnya tentu lebih mungkin bisa memperbagus sholatnya dan sholatlah sebagaimana sholatnya seseorang yang mengira bahwa bisa sholat selain sholat itu. Hati-hatilah kamu dari apa yang membuatmu meminta ampunan darinya." )Diriwayatkan Ad-Dailami di Musnad Firdaus, Al-Hafidz Ibnu Hajar menilainya hasan).

Itulah beberapa tips khusyuk dalam sholat yang dikutip dalam buku "Khusyuk dalam Sholat" oleh Syafri M. Noor, Lc.

Tips khusyuk sholat lainnya dari Muzammil Hasballah , SELENGKAPNYA KLIK DI SINI untuk lihat artikel lengkapnya.

(lus/erd)