Viral Video Pengendara Mercy Diduga Halangi Mobil Damkar di Bali

Tim detikcom - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 17:29 WIB
Mercy diduga halangi mobil damkar di Bali (Tangkapan layar)
Foto: Mercy diduga halangi mobil damkar di Bali (Tangkapan layar)
Denpasar -

Sebuah video yang menampilkan mobil Mercedes-Benz (Mercy) berwarna merah diduga menghalangi laju mobil pemadam kebakaran (damkar) viral di media sosial. Video itu disebut-sebut terjadi di Denpasar, Bali.

Video tersebut diunggah oleh akun Tiktok @purwanarayana pada Minggu 28 Maret 2021. Dalam video yang beredar, tampak mobil Mercedes-Benz terlihat melaju di depan mobil damkar. Pengemudi mobil damkar telah membunyikan sirine dan klakson dengan maksud agar mobil tersebut menepi sehingga damkar bisa mendahului.

Namun, mobil tersebut belum juga memberi akses untuk damkar. Perekam video yang berada di dalam mobil damkar juga terdengar meminta agar pengendara mobil memberikan akses jalan.

Untuk diketahui, peristiwa ini terjadi pada Minggu (28/3) pukul 09.00 Wita. Saat itu, mobil damkar bergerak dari arah barat di Jalan Teuku Umar Denpasar. Mobil damkar baru bisa mendahului mobil Mercedes-Benz setelah berbelok ke arah utara di Jalan Diponegoro, Denpasar.

"Teruntuk Mercedez-Benz plat DK 89 YP, yang tidak mau menepi saat Damkar BPBD Kota Denpasar sedang menjalankan tugas, anda tuli nggak denger klakson kenceng? Nggak lihat cahaya rotary yang terang?," tulis akun @purwanarayana.

Pemilik akun yang unggah video viral itu yakni Putu Gede Purwa Narayana. Putu yang merupakan relawan pemadam kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar menceritakan peristiwa itu.

"Yang ngerekam itu bukan saya, yang ngerekam itu teman saya. Saya sebenarnya lihat di story WA (WhatsApp). Saya kesal, lho kok kayak gini. Saya kebetulan relawan karena saya pada dasarnya rewalan," kata Purwa saat ditemui di Mapolda Bali, Senin (29/3/2021).

"Habis itu saya tanya, ini kejadian di mana, apakah ini kejadian kebakaran tadi. Oh ya udah saya minta mentahan videonya. Habis itu dikirimin videonya ke saya kemudian saya masukan itu ke TikTok," tambah Purwa.

Purwa mengatakan ia mengunggah video tersebut dengan bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar mereka sadar akan kendaraan darurat. Selain di TikTok, Purwa juga mengunggah video tersebut di Facebook dan Instagram.

"Saya upload di Instagram sih pertama, kemudian yang viral di Tiktok sama Facebook. (Saya unggah) kemarin siang jam 3an," terang Purwa.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar angkat bicara mengenai peristiwa yang viral itu. BPBD Kota Denpasar merasa terganggu dengan sikap pengendara mobil Mercedes Benz yang diduga menghalangi mobil damkar saat bertugas.

"Memang secara umum sangat mengganggu kami, tepi sekali lagi kita memaklumi setiap orang tentu berbeda-beda menyikapi ketika ada bunyi sirine," kata Sekretaris BPBD Kota Denpasar, Ardy Ganggas di Mapolda Bali, Senin (29/3/2021).

Ardy menceritakan saat itu mobil damkar sedang meluncur untuk pengisian air di depan Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jaya Sabha, Denpasar. Saat itu, tutur Ardy, mobil damkar tersebut tengah bertugas untuk mengatasi kebakaran di wilayah Pemogan.

Ardya mengatakan, pihaknya telah bertemu pengendara mobil Mercedes-Benz yang diduga menghalangi laju mobil damkar.

"Kami sudah mendapatkan titik temu, dan kami masing-masing untuk mencari solusi yang terbaik. Tadi sudah diklarifikasi rupanya dugaan saya memang benar. Ketika mereka mendengar sirine dan bunyi klakson itu kaget dia, bingung tidak tahu mau bikin apa. Sehingga dalam jumlah waktu yang cukup panjang baru dia bisa mengambil tempat dan teman-teman bisa melewati," terangnya.

Dalam pertemuan tersebut pihaknya sepakat untuk mencari solusi yang terbaik. BPBD Denpasar juga sepakat untuk menghapus video yang sudah viral di media sosial dan akan memberikan penjelasan bahwa hal tersebut hanya lah kesalahpahaman.

"Kami sepakat untuk video tersebut kami hapus. Dan kami beritakan lagi informasi terkini terkait pertemuan hari ini," terang Ardy.

Tonton juga Video: Penampakan Mercy Hitam Penabrak Lari Bocah di Kelapa Gading

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)