Pascabom di Makassar, TNI-Polri Patroli ke Sejumlah Gereja di Jakarta

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 16:28 WIB
Persiapan patroli ke sejumlah gereja di Jakarta (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Persiapan patroli ke sejumlah gereja di Jakarta. (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Aparat gabungan TNI, Polri, Dishub, dan Satpol PP melaksanakan patroli skala besar di beberapa objek vital seperti gereja dan tempat ibadah di DKI Jakarta sore ini. Patroli tersebut merespons aksi bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Para peserta apel menyikapi dinamika akhir-akhir ini kita prihatin dengan terjadi aksi teror bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Kota Makassar pada kemarin dan menimbulkan sejumlah korban. Di samping itu, diikuti dengan penyebaran informasi terkait peristiwa tersebut di media sosial yang justru semakin menebar teror dan ketakutan di tengah-tengah masyarakat," ujar Wakapolda Metro Jaya Brigjen Hendro Pandowo dalam sambutannya di Lapangan Presisi, Polda Metro Jaya, Senin (29/3/2021).

Hendro mengatakan patroli dilakukan untuk memberi rasa aman kepada masyarakat. Aparat gabungan bakal berpatroli ke tempat-tempat ibadah.

"Guna memberikan rasa aman dan ketenangan di masyarakat sore ini Polda Metro Jaya, bersama Kodam Jaya, Satpol PP, Dishub DKI akan laksanakan patroli skala besar lintas sektoral dengan sasaran gereja dan tempat ibadah lainnya," jelasnya.

"Adapun rute patroli ini adalah tentunya beberapa gereja besar di ibu kota, Gereja Katedral, Gereja Immanuel, sentra ekonomi, dan tempat-tempat strategis lainnya," sambung Hendro.

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Hendro Pandowo (Adhyasta Dirgantara/detikcom)Wakapolda Metro Jaya Brigjen Hendro Pandowo (Adhyasta Dirgantara/detikcom)

Lebih lanjut, Hendro mengungkapkan, patroli ini sebenarnya sering dilakukan. Namun patroli akan dilakukan setiap hari demi memberi rasa nyaman.

"Sebenarnya patroli ini sebelumnya sudah sering kita lakukan juga. Memang patroli suatu kewajiban bagi aparat TNI, Polri, Dishub, Satpol PP gabungan dan intensitas akan terus kita tegakkan. Tentunya sampai menunggu perintah Kapolda kapan patroli ini berakhir. Tapi akan terus kita lakukan setiap saat setiap hati setiap waktu untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat ibu kota," tuturnya.

Hendro menyebut ada sekitar dua kompi dikerahkan dalam patroli kali ini. Pengamanan Ring 1 hingga Ring 4 diterapkan.

"Dua kompi, sekitar 140 sampai 200 personel gabungan. Skemanya sama kita bangun pengamanan Ring 1, Ring 2, Ring 3, dan Ring 4," pungkas Hendro.

Lihat Video: Usai Bom, Polisi Bersenjata Masih Berjaga di Gereja Katedral Makassar

[Gambas:Video 20detik]

(isa/isa)