ADVERTISEMENT

Anies Perintahkan Bappeda Buat Sistem Pastikan 23 Janji Kampanye Terlaksana

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 15:55 WIB
Anies Baswedan
Anies Baswedan (Foto: Adhyasta/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memerintahkan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) untuk membuat sistem yang memastikan 23 janji kampanyenya bisa terealisasi. Dia mengatakan janji kampanye itu sudah masuk ke Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI.

Hal itu disampaikan Anies saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota/Kabupaten Administrasi se-DKI Jakarta Tahun 2021 yang diselenggarakan secara daring, Senin (29/3/2021). Anies awalnya meminta Bappeda untuk menyiapkan sistem yang memuat daftar aspirasi warga yang bisa dikerjakan tahun ini dan tahun mendatang.

"Pak Kepala Bappeda harap nanti menyiapkan semacam sistem, format, untuk menyampaikan kembali kepada masyarakat mana aspirasi yang dilaksanakan, mana aspirasi yang belum bisa dilakukan hari ini dan akan dilakukan di waktu yang akan datang," kata Anies.

Dia menilai sistem tersebut bisa membuat masyarakat lebih percaya kepada pemerintah. Masyarakat, katanya, akan merasa aspirasinya didengar.

"Jadi masyarakat itu memiliki kepercayaan kepada pemerintah bahwa yang disampaikan didengar, yang bisa dilaksanakan tahun ini dilaksanakan, yang bisa tahun berikutnya akan tahun berikutnya, dan mana yang harus dikerjakan dengan cara yang berbeda," tuturnya.

"Jadi ini harap jadi perhatian dan harap ini jadi terobosan atas menu apa yang bisa dikerjakan dan apa yang bisa dikerjakan di tahun berikutnya," sambung Anies.

Mantan Mendikbud mengatakan sistem itu bisa membantu merealisasikan 23 janjinya saat kampanye. Anies mengatakan 23 janji tersebut bukan sekadar komitmen saat kampanye, namun sudah tertuang dalam RPJMD.

"Saya ingin memastikan saja. Pertama, semua janji yang 23 janji harus dipastikan itu terlaksana karena itu komitmen, bukan hanya komitmen kami, gubernur, wakil gubernur, tapi ini adalah komitmen yang sudah diterjemahkan dalam bentuk RPJMD," kata Anies

"Karena itu di RPJMD-nya dan kemudian ada di kegiatan strategis daerah harus dipastikan bahwa itu berjalan dengan baik karena itu menyangkut hal-hal mendasar kebutuhan masyarakat," imbuhnya.

Tonton juga Video: Angola Mulai Kampanye Vaksinasi Covid-19

[Gambas:Video 20detik]



(whn/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT