Kebakaran Kilang Balongan, F-PPP DPR Usul Menteri BUMN-Pertamina Dipanggil

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 13:41 WIB
Anggota MPR RI dari Fraksi PPP, Achmad Baidowi, menjadi pembicara dalam Diskusi Empat Pilar MPR RI dengan Tema Potensi Golput di Pemilu 2019 di Media Center MPR/DPR RI, Jakarta, Senin (18/2/2019).
Achmad Baidowi (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom).
Jakarta -

Kilang minyak PT Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat terbakar. Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PPP Achmad Baidowi atau Awiek meminta penjelasan utuh dan kepastian dari Pertamina.

"Pemerintah wajib memastikan ketersediaan BBM akibat gangguan di Balongan. Jangan sampai merembet pada pasokan BBM kepada masyarakat. Karena hampir pasti akan ada pengaruh akibat insiden Balongan," kata Awiek kepada wartawan, Senin (29/3/2021).

Awiek berharap pemerintah segera menemukan akar masalah penyebab kebakaran. Hal itu perlu dilakukan untuk menepis segala spekulasi yang beredar.

"Apakah terjadi human error, kerusakan atau kemungkinan sabotase. Kepastian ini penting agar tidak melahirkan spekulasi-spekulasi baru," ucapnya.

Awiek menilai keamanan dan keselamatan warga di sekitar kilang Balongan harus diutamakan. Menurutnya, jika kondisinya darurat, maka perlu dilakukan evakuasi untuk sementara waktu sampai situasi kondusif.

"Terhadap insiden ini, maka pengecekan terhadap kilang-kilang lainnya perlu dilakukan agar tidak terjadi seperti di Balongan," katanya.

"Dalam waktu dekat kami usulkan melalui pimpinan komisi untuk rapat dengan Menteri BUMN dan Pertamina," imbuhnya.

Kebakaran sebelumnya terjadi di kilang minyak Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Dua kilometer area di sekitar lokasi kebakaran disterilisasi.

"Petugas keamanan dibantu pemerintah setempat dan instansi-instansi lain melakukan evakuasi yang berada di sana. Radiusnya satu sampai dua kilometer dari TKP. Sterilisasi tidak mendekat TKP di dua kilometer," ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Erdi A Chaniago saat dihubungi, Senin (29/3).

Erdi menuturkan pengamanan di lokasi kejadian dilakukan sejak malam tadi. Petugas gabungan mengantisipasi api yang kemungkinan bisa menyebar.

"Dari sejak awal tadi malam pengamanan baik di TKP maupun sekitar TKP karena ini menyangkut kebakaran kilang minyak yang tidak bisa kita prediksi apakah bisa dalam waktu cepat atau menyebar ke yang lain," kata Erdi.

Simak Video: Kebakaran Kilang di Balongan, Pertamina Pastikan Suplai BBM Aman

[Gambas:Video 20detik]



(fas/gbr)