Penumpang KMP Batu Mandi Hilang Usai Terjun ke Laut Merak

M Iqbal - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 09:41 WIB
ilustrasi tenggelam
Foto: Ilustrasi Tenggelam (thinkstock)
Merak -

Penumpang kapal feri KMP Batu Mandi terjun ke laut Merak, Banten. Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap korban.

Peristiwa jatuhnya korban terjadi pada Minggu (28/3) sekitar pukul 18.50 WIB di sekitar perairan Pulau Tempurung, Merak. Basarnas Banten baru menerima laporan sekitar pukul 21.00 WIB dan langsung melakukan pencarian.

"Petugas kapal yang bertugas di ruang informasi mendapat laporan bahwa ada orang terjun ke laut, kemudian diteruskan ke mualim jaga yang sedang bertugas di anjungan," kata Kasubsi Ops Basarnas Banten, Heru Amir saat dikonfirmasi, Senin (29/3/2021).

Mengetahui kejadian itu, nakhoda melakukan manuver untuk mengitari lokasi jatuhnya korban sebanyak 3 kali. Upaya tersebut tak membuahkan hasil.

"Setelah menerima laporan mualim mengurangi putaran mesin kemudian melapor ke nahkoda, nahkoda melakukan manuver untuk mencari orang yang terjatuh sebanyak 3 kali putaran ke arah jatuhnya korban," kata dia.

Nakhoda memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Merak untuk melakukan pendataan penumpang. Setelah didata, korban yang menceburkan diri ke laut diketahui bernama Ahmad Riyanto (41) Kelurahan Pesawahan, Kecamatan Teluk Betung Selatan, Kota Lampung.

(bal/maa)