Mandi di Sungai, Pekerja Tambang Pasir di Banjarnegara Tewas Tenggelam

Uje Hartono - detikNews
Jumat, 26 Mar 2021 18:18 WIB
Evakuasi jenazah penambang pasir yang tewas tenggelam di Sungai Serayu, Banjarnegara, Jumat (26/3/2021)
Evakuasi jenazah penambang pasir yang tewas tenggelam di Sungai Serayu, Banjarnegara, Jumat (26/3/2021). (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara -

Pekerja tambang pasir di Sungai Serayu, Banjarnegara, ditemukan tewas tenggelam. Korban tenggelam saat mandi di bekas galian tambang.

Kejadian bermula saat korban inisial S (26) warga Desa Sigeblug, Kecamatan Banjarmangu, ini hendak mandi di sungai yang berada tidak jauh dari lokasi penambangan, siang tadi. Namun, lantaran tidak bisa berenang, korban langsung tenggelam saat mencebur ke sungai untuk mandi.

"Kejadiannya sekitar pukul 13.00 WIB. Korban mau mandi di sungai tetapi tidak bisa berenang, padahal titik untuk mandi ini dalam sekitar 3 meter sampai 4 meter. Akhirnya korban begitu lompat langsung tenggelam," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Andri Sulistyo, saat ditemui di Sungai Serayu, Desa Bantarwaru, Kecamatan Madukara, Banjarnegara, Jumat (26/3/2021).

Pencarian korban dilakukan dengan menggunakan peralatan manual seperti tali, jangkar, dan bambu. Jenazah korban baru ditemukan sekitar pukul 15.30 WIB tadi di lokasi yang sama.

"Sebenarnya kami sudah membawa peralatan selam tetapi belum digunakan. Tadi sekitar pukul 15.30 WIB, korban ditemukan dalam keadaan sudah meninggal dunia," terangnya.

Setelah ditemukan, jenazah korban lalu dievakuasi ke RSUD Hj Anna Lasmanah untuk pemeriksaan lebih lanjut. Andri mengimbau agar warga yang melakukan aktivitas di sekitar sungai untuk tetap berhati-hati karena curah hujan di Banjarnegara masih cukup tinggi.

"Begitu ditemukan, korban langsung dievakuasi dan dibawa ke RSUD. Dengan kejadian ini, kami imbau warga untuk tetap berhati-hati terutama yang sering beraktivitas di sekitar sungai," pesan Andri.

(ams/rih)