PAN DKI Dukung Penerapan SIKM Saat Larangan Mudik Lebaran 2021

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 08:15 WIB
Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi PAN, Zita Anjani
Foto: Dok. Pribadi
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pemberlakuan surat izin keluar-masuk Jakarta (SIKM) terkait larangan mudik Lebaran 2021 masih menunggu rujukan aturan dari pemerintah. PAN DKI menilai yang terpenting merupakan pemberlakuan pembatasan dan pengendalian.

"Saya dukung ya penerapan pembatasan saat mudik. Namun, apapun bentuknya, baik itu SIKM atau yang lain nanti, yang terpenting pengendalian penduduknya, diberlakukan pembatasan," Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani, saat dihubungi Minggu (28/3/2021).

Zita berharap masyarakat dapat menahan diri untuk tidak mudik dan mengikuti prosedur. Menurut Zita, hal ini dilakukan guna kebaikan bersama.

"Saya berharap masyarakat bisa menahan diri. Ikutin prosedur yang ada. Ini untuk kebaikan bersama, karena tahun lalu terbukti efektif," kata Zita.

Zita mengatakan, penerapan SIKM dinilai efektif pada tahun lalu. Sehingga menurutnya, Pemprov DKI dapat kembali menerapkan hal tersebut.

"Pemprov bisa terapkan seperti tahun lalu, perbaiki evaluasi tahun lalu, agar lebih maksimal. Kerja sama menahan diri, demi menjaga kesehatan orang-orang yang kita sayang," tuturnya.

Diketahui, pemerintah resmi melarang mudik Lebaran 2021 mulai 6 hingga 17 Mei. Anies mengatakan untuk SIKM masih menunggu rujukan aturan dari pemerintah.

Awalnya, Anies menjelaskan bahwa pihaknya sudah memiliki aturan tentang pengendalian pergerakan penduduk sejak tahun lalu. Aturan itu, kata Anies, tertuang dalam Pergub Nomor 47 tahun 2020.

"Kalau kami tuh dari dulu, dari tahun lalu, sudah punya aturan kami di DKI tuh sudah punya aturan bahwa pada masa Lebaran ada pengendalian pergerakan penduduk itu, Pergub Nomor 47 Tahun 2020," kata Anies di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (28/3/2021).

Anies menerangkan saat ini pihaknya masih menunggu ada atau tidaknya aturan baru dari pemerintah mengenai larangan mudik Lebaran ini. Namun untuk SIKM di Jakarta, Anies mengatakan sejatinya peraturan itu memang sudah digunakan sejak tahun lalu.

"Tahun ini kita lihat apakah kita menggunakan Pergub yang sama atau nanti ada aturan baru dari pemerintah pusat yang menjadi rujukan, tapi kami dari tahun lalu sudah ada itu, anda ingat kan SIKM?" kata Anies.

(dwia/man)