Round-Up

Ngerinya Cerita Saksi soal Potongan Tubuh Bomber Bunuh Diri

Tim detikcom - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 05:59 WIB
Makassar -

Bom bunuh diri terjadi di depan Gereja Katedral di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) seusai Misa Palma. Peristiwa itu menimbulkan kesan ngeri bagi saksi mata di lokasi kejadian.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan peristiwa itu terjadi pada Minggu (28/3) sekitar pukul 10.20 Wita. Lokasinya berada di depan Gereja Katedral Makassar yang beralamat di Jalan Kajaolalido, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar.

"Bahwa memang benar ada kejadian ledakan yang terjadi tadi pagi hari Minggu, tanggal 28 Maret 2021 sekitar pukul 10.20 itu terjadi di pintu gerbang, depan pintu gerbang daripada Gereja Katedral di Makassar," ucap Argo dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Minggu (28/3/2021).

Argo menyampaikan terduga pelaku bom bunuh diri berjumlah 2 orang. Insiden ini membuat sejumlah warga terluka.

Sejumlah saksi mata di dekat lokasi mendengar adanya suara ledakan hingga melihat potongan tubuh diduga milik bomber atau pelaku bom bunuh diri. Saksi melihat 2 pelaku menaiki sepeda motor menuju ke arah masuk gereja.

Ledakan 2 Kali-Ada Serpihan Besi

Seorang warga bernama Rais mendengar 2 kali ledakan saat bom meledak. Setelah itu, ada serpihan besi yang terlempar usai ledakan.

"Saya lagi di depan (dekat Gereja Katedral), terus terjadi ledakan 2 kali berturut-turut, terus ada percikan besi," ujar Rais menceritakan detik-detik bom bunuh diri Makassar meledak.

Rais awalnya mengira ledakan itu berasal dari sebuah tower yang ada di sekitar lokasi kejadian. Saat menuju ke lokasi, dia kaget melihat potongan daging.
"Nah karena saya kaget saya langsung ke sini (lokasi ledakan), itu saya lihat daging-daging, saya kira daging sapi, ternyata ada organ manusia pas saya periksa," ujarnya.

Ledakan dari Motor

Seorang relawan Gereja Katedral Makassar bernama Yohana mendengar adanya suara ledakan. Ledakan itu, sebutnya, berasal dari sebuah motor di depan pos gereja.

"Ledakannya saya lihat dari motor dan setelah ledakan saya lihat ada potongan tubuh," kata Yohana di lokasi ledakan di Makassar, Minggu (28/3/2021).

Yohana sudah di gereja sekitar pukul 9.30 Wita. Yohana menyebut nyaringnya ledakan membuat telinganya sakit.

"Ledakannya terjadi sekitar 10 meter di depan saya di depan pagar gereja, dari tempat saya berdiri. Ledakannya keras sekali sehingga sakit saya punya telinga. Langsung tiba-tiba tidak mendengar" ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2