Saksi Bom Bunuh Diri di Makassar Dengar 2 Kali Ledakan, Ada Serpihan Besi

Ibnu Munsir - detikNews
Minggu, 28 Mar 2021 12:35 WIB
Polisi pasang police line di lokasi ledakan bom di Gereja Katedral Makassar, Sulsel
Foto: Lokasi ledakan bom bunuh diri Makassar (Hermawan Mappiwali/detikcom).
Makassar -

Seorang saksi mata bom bunuh diri Makassar di depan Gereja Katedral menceritakan detik-detik saat ledakan dahsyat terjadi. Seorang warga, Rais, menyebut ada 2 ledakan saat bom meledak yang disusul serpihan besi terlempar.

Saat bom bunuh diri Makassar terjadi depan Gereja Katedral, Minggu (28/3/2021), Rais tengah beraktifitas di sekitar lokasi kejadian.

"Saya lagi di depan (dekat Gereja Katedral), terus terjadi ledakan 2 kali berturut-turut, terus ada percikan besi," ujar Rais menceritakan detik-detik bom bunuh diri Makassar meledak.

Rais awalnya ledakan itu berasal dari sebuah tower yang ada di sekitar lokasi kejadian. Penasaran, dia kemudian langsung berlari ke lokasi kejadian.

"Nah karena saya kaget saya langsung ke sini (lokasi ledakan), itu saya lihat daging-daging, saya kira daging sapi, ternyata ada organ manusia pas saya periksa," katanya.

Selaian melihat potongan tubuh manusia, di depan gerbang gereja Rais juga melihat ada motor yang terbakar dan mobil yang hancur.

"Di depan gereja ada motor terbakar dan mobil (hancur)," imbuhnya.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar Ramdhan 'Danny' Pomanto meminta warga khususnya netizen untuk berhenti menyebar foto ataupun video korban bom bunuh diri di depan Gereja Katedral, Makassar. Danny berpesan agar warga Makassar bersatu atas kejadian ini.

"Kepada seluruh masyarakat, khsususnya masyarakat netizen di Makassar agar jangan memposting, gambar-gambar, video-video yang jusutru memperlemah kita," kata Danny dalam keterangannya kepada detikcom, Minggu (28/3).

Danny meminta warga Makassar untuk tetap tenang dan berada di rumah dengan adanya kejadian bom di Gereja Katedral. Dia memastikan polisi tengah bekerja secara maksimal untuk mengusut bom bunuh diri yang terjadi pagi tadi.

"Sekali lagi jangan memposting video maupun gambar-gambar yang justru melemahkan kita. Mari sama-sama kejadian ini justru membuat kita bersatu, membuat kita kuat dan maju, jangan menyerah dengan kejadian ini," ujarnya.

Simak Video: Ledakan di Gereja Katedral Makassar Hanguskan Satu Unit Motor

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/imk)