Gerindra Harap Elektabilitas Bisa Makin Dekati PDIP

Dwi Andayani - detikNews
Minggu, 28 Mar 2021 20:57 WIB
Ahmad Riza Patria
Foto: Ahmad Riza Patria. (Wilda/detikcom).
Jakarta -

Partai PDI Perjuangan dan Gerindra menempati urutan teratas terkait partai politik yang dipilih oleh masyarakat dalam survei Charta Politika Indonesia. Ahmad Riza Patria berharap partainya dapat dekat dengan PDI Perjuangan.

"Surveinya menempatkan Gerindra sebagai partai nomor urut 2 dengan 14,2 mudah-mudahan ke depan bisa lebih baik lagi, bisa dekat sama partainya mas Ganjar," ujar Riza dalam acara Survei Charta yang disiarkan melalui streaming, Minggu (28/3/2021).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo diketahui juga ikut hadir dalam acara yang digelar virual tersebut. Riza juga berharap dalam pemilihan selanjutnya Gerindra bisa menang.

"Syukur-syukur bisa gantian mas Ganjar, Gerindra menjadi pemenang ke depan," kata Riza.

Selain itu, Riza juga menanggapi survei yang menempatkan Prabowo Subianto dalam posisi pertama dalam calon presiden. Riza menyebut hasil survei akan menjadi pembelajaran bagi partainya.

"Kemudian berikutnya juga terima kasih survei presidennya, alhamdulillah pak Prabowo masih mendapat simpati yang baik dari masyarakat, menempati urutan pertama ya," kata Riza.

"Mudah-mudahan hasil survei ini memberi manfaat bagi kita semua khususnya kami internal Partai Gerindra jadikan ini bahan pembelajaran dan evaluasi dalam mengambil langkah-langkah ke depan," sambungnya.

Namun, Riza mengatakan pilpres masih lama. Saat ini seluruh pihak tengah bekerja aktif dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya kira terkait pilpres masih lama, kita semua sekarang bekerja aktif di pemerintahan dalam menjalan program pemerintahan di bawah Jokowi-Ma'ruf," pungkasnya.

Charta Politika Indonesia merilis temuan survei nasional tentang elektabilitas partai politik jika pemilihan anggota DPR dilakukan saat ini.
Hasilnya, PDI Perjuangan menempati posisi pertama partai politik yang dipilih oleh masyarakat.

Metode survei yang digunakan metode sampling pengacakan sistematis sebanyak 1.200 responden. Toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan pada 20-24 Maret 2021. Responden merupakan warga negara Indonesia yang berusia di atas 17 tahun.

Charta Politika menjelaskan survei ini melontarkan pertanyaan jika pemilu legislatif diselenggarakan pada saat ini dan diikuti oleh 18 partai. Ada 20,7 persen masyarakat yang menentukan pilihan ke Partai berlambang moncong putih itu.

Di posisi kedua, ada Gerindra yang dipilih dengan persentase 14,2 persen. Kemudian, di posisi ketiga ada PKB dengan persentase 9,7 persen.

Berikut hasil survei Charta Politika:

-PDIP 20,7 persen
-Gerindra 14,2 persen
-PKB 9,7 persen
-PKS 8,2 persen
-Golkar 7,8 persen
-Nasdem 5,4 persen
-Demokrat 4,2 persen
-PPP 2,2 persen
-PSI 1,8 persen
-PAN 1,0 persen
-Perindo 0,8 persen
-Hanura 0,6 persen
-Garuda 0,4 persen
-Berkarya 0,3 persen
-PKPI 0,2 persen
-Gelora 0,2 persen
-Ummat 0,1 persen
-PBB 0,1 persen

(dwia/imk)