Jemaat Katedral Makassar Korban Bom Bunuh Diri Cerita Detik-detik Ledakan

Hermawan Mappiwali - detikNews
Minggu, 28 Mar 2021 12:49 WIB
Sebuah ledakan bom bunuh diri terjadi di Gereja Katedral Makassar, Sulsel. Sejumlah petugas kepolisian pun bersiaga di area sekitar lokasi ledakan.
Gereja Katedral Makassar dijaga ketat usai adanya bom bunuh diri (Foto: ANTARA FOTO/Arnas Padda)
Makassar -

Salah seorang jemaat Gereja Katedral Makassar, Wenti (35), menjadi salah satu korban bom bunuh diri. Dia pun menceritakan detik-detik insiden bom bunuh diri itu terjadi.

"Ceritanya tadi kita pulang ibadah, habis misa. Kami berlima tunggu ojek, tiba-tiba ada motor lewat langsung bom meledak," ujar Wenti saat ditemui di RS Stella Maris, Makassar, Minggu (28/3/2021).

Ledakan tersebut terjadi sekitar pukul 10.28 Wita. Ledakan ini membuat Wenti terluka di bagian paha dan mengalami gangguan pendengaran.

"Saya luka serpihan kaca di paha, sama telinga tidak bisa mendengar sebelah karena ledakan besar sekali. Telinga kiri saya ini tidak bisa dengar, bahkan sakit kalau dengar suara," katanya.

Seorang jemaat Gereja Katedral Makassar lainnya, Tuti (38) juga menceritakan detik-detik bom bunuh diri tersebut meledak. Ledakan disebutnya sangat dekat dari posisi mereka berdiri.

"Saya sama bu Wenti sama 3 orang lagi bersepupu. Tadi sudah mau pulang. Sangat dekat kami sama orang itu karena kami berdiri di pinggir jalan, di bawah pohon," jelas Tuti.

Menurut Tuti, peristiwa ledakan itu terjadi sangat cepat. Dia pun hanya bisa berlari sejauh mungkin saat ledakan terjadi.

"Sangat cepat tadi, kami keluar tunggu ojek langsung ada lewat dan ada ledakan besar sekali. Setelah ada ledakan kami langsung lari, tidak berani tinggal," jelasnya.

Informasi yang dihimpun dari kepolisian, kini ada 14 orang mengalami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit.

"Ada korban yang dari pihak sekuriti gereja dan kemudian dari pihak jemaah," kata Kadivhumas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono, kepada wartawan, Minggu (28/3/2021).

Argo mengatakan total ada 14 orang yang mengalami luka-luka dan dirawat di Rumah Sakit Stella Marris Makassar, Rumah Sakit Akademis Makassar, Rumah Sakit Pelamonia.

Simak Video: Detik-detik Ledakan di Depan Gereja Katedral Makassar

[Gambas:Video 20detik]



(hmw/isa)