Kutip Sukarno, Megawati Ajak Pemuda Guncangkan Dunia Lewat Karya

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 27 Mar 2021 14:55 WIB
Megawati
Foto: pool
Jakarta -

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri ingin agar seluruh masyarakat Indonesia menghasilkan produk-produk yang berkualitas. Dia ingin dunia 'terguncangkan' karena ada karya bangsa Indonesia.

"Dahulu, Bung Karno pernah berkata, 'Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia'. Kini saya, Ibu Megawati, izinkan menyampaikan, 'Pemuda-pemudi, guncangkan dunia dengan kreativitasmu dan karyamu'," ujar Megawati dalam acara virtual An Exotic Journey to Nusantara, Sabtu (27/3/2021).

Tak hanya itu, Megawati juga ingin agar setiap karya yang dihasilkan anak bangsa didaftarkan. Hal ini agar tidak ada orang-orang yang mengklaim atau melakukan pelanggaran hak cipta.

"Jangan sampai karya-karya tersebut lalu bisa diklaim oleh pihak yang lain hanya karena keteledoran kita untuk memahami hukum. Dan jangan lupa daftarkan karyamu untuk menerima perlindungan hukum," jelasnya.

Dia mencontohkan batik sudah diakui di dunia. Lanjutnya, ada sejarah panjang sampai akhirnya batik dikenali dunia.

Megawati pun mendorong agar generasi muda Indonesia tidak takut membuat suatu karya.

"Mulai 2021 ini merupakan tahun ekonomi kreatif menuju tahun 2045, yaitu peringatan 1 abad kemerdekaan Indonesia. Saya dorong generasi muda untuk kedepankan karya dan buktikan ke dunia bahwa made in Indonesia adalah karya terbaik," jelasnya.

"Time for you to shine and become trend setter, not follower," tambah dia.

Lanjutnya, Megawati mengatakan ekonomi kreatif menunjukkan potensi yang besar untuk memajukan perekonomian Indonesia. Dia mengungkapkan Indonesia saat ini mendorong industri ekonomi kreatif agar lebih berkembang.

"Bagi saya, sama membahagiakannya, Indonesia adalah negara ketiga setelah Amerika Serikat dan dan Korea Selatan yang kontribusi ekonomi kreatifnya besar bagi perekonomian nasional. Saudara sekalian, sektor ekonomi kreatif yang dahulu memiliki arti kecil sekarang telah berubah. Ekonomi kreatif menunjukkan potensinya menjadi kekuatan ekonomi yang tangguh dan mampu menjadi salah satu penyangga perekonomian nasional. Ekonomi kreatif adalah nilai yang tercipta dari suatu ide," tandas Mega.

(sab/dnu)