Tak Ada Nama di Nisan Kuburan yang Tanahnya Meninggi 1,5 Meter di Sumbar

Jeka Kampai - detikNews
Sabtu, 27 Mar 2021 14:29 WIB
Padang -

Gundukan tanah di area pemakaman di Padang Pariaman, Sumatera Barat, tiba-tiba meninggi hingga 1,5 meter. Warga menduga makam tersebut sudah lama ada karena tak ada nama pada nisan kuburan itu.

"Siapa yang dimakamkan di sana, itu belum ada yang tahu, karena kuburannya sudah lama dan tidak ada nama di batu nisannya. Tapi itu kuburan kaum suku Panyalai," kata Wali Korong Sungai Asam, Anuar, saat dimintai konfirmasi, Sabtu (27/3/2021).

Kuburan itu terletak di Korong Sungai Asam, Nagari Sungai Asam, Kecamatan 2x11 Enam Lingkung, Padang Pariaman, Sumatera Barat. Pemerintah daerah, ulama, serta tokoh adat telah bertemu membahas peristiwa itu.

"Pertemuan itu menghasilkan sejumlah kesepakatan. Salah satunya adalah memberikan kesempatan kepada pihak kaum untuk mencari kepastian siapa yang makamnya meninggi tersebut," ujar Anuar.

"Mudah-mudahan dalam pekan depan sudah ada kejelasan," sambungnya.

Lokasi tanah kuburan meninggi di Padang PariamanLokasi tanah kuburan meninggi di Padang Pariaman (Jeka Kampai/detikcom)

Selain itu, makam itu akan dijaga bersama agar tak terjadi perbuatan yang melanggar hukum ataupun agama oleh warga. Dia mengatakan tak boleh ada pungutan liar terhadap para peziarah.

Sebelumnya, tanah kuburan yang mendadak meninggi membuat heboh warga di Korong atau Kampung Sungai Asam, Nagari Sungai Asam, Kecamatan 2x11 Enam Lingkung, Padang Pariaman, Sumbar. Kuburan itu diketahui semakin meninggi dibanding yang lain.

Tanah di kuburan tersebut meninggi hingga 1,5 meter dengan diameter 3-3,5 meter. Kuburan lama tanpa identitas itu ikut serta membawa naik tiga pusara lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2