Menlu Minta AS Usut Kasus 2 Remaja WNI yang Diserang di Stasiun Kereta

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 27 Mar 2021 09:04 WIB
Komisi I DPR RI menggelar rapat bersama Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi. Dalam rapat, Retno menegaskan Indonesia masih terus menjalin pembicaraan dengan Pfizer dan Moderna terkait vaksin.
Menlu Retno Marsudi (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Dua remaja Indonesia dikabarkan mendapat serangan berupa tamparan dan pukulan di stasiun kereta di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menegaskan pihaknya terus berkoordinasi untuk mendapatkan informasi lengkap.

"Perwakilan RI juga terus lakukan komunikasi dengan simpul-simpul masyarakat dan mahasiswa Indonesia di AS," kata Retno kepada wartawan, Sabtu (27/3/2021).

Retno mengatakan Dirjen Amerika dan Eropa (Amerop) telah berkomunikasi langsung dengan Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Kim untuk memberikan perlindungan terhadap masyarakat Indonesia di AS. Sung Kim, kata Retno, menegaskan penegak hukum di AS terus mengusut kasus yang dialami masyarakat Indonesia.

"Kemarin Dirjen Amerop Kemlu juga telah lakukan pembicaraan langsung dengan Acting Assistant Secretary for East Asia and Pacific Kemlu AS, Ambassador Sung Kim, dan sampaikan concern serta mohon perhatian pelindungan dan keselamatan terhadap WNI di AS," ujarnya.

"Sung Kim tegaskan penegak hukum di AS (baik federal maupun lokal) akan terus berusaha tangani kasus tersebut dan kasus lain serupa," lanjut Retno.

KJRI setempat mengingatkan para WNI di sana untuk meningkatkan kehati-hatian terhadap situasi yang cenderung memanas.

"KJRI NY dan perwakilan RI di AS lainnya terus mengingatkan WNI untuk meningkatkan kehati-hatian atas kecenderungan meningkatnya xenofobia di AS," kata juru bicara Kemlu Teuku Faizasyah.

Simak terkait informasi dua remaja yang mendapat serangan di AS

Tonton juga Video: BNPT Ungkap 1.250 WNI Berangkat ke Suriah-Irak Terkait Radikalisme

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2