Menkes Lapor Jokowi Adanya Embargo Vaksin COVID-19 oleh Sejumlah Negara

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 26 Mar 2021 13:16 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, hari ini vaksinasi COVID-19 akan menembus angka 10 juta penyuntikan. Budi berharap angka itu akan terus meningkat.

"Alhamdulilah dan insyaallah hari ini vaksinasi akan menembus 10 juta vaksinasi. Dengan kecepatan harian kita mendekat 500 ribu penyuntikan per hari, sehingga diharapkan bulan Maret dan April di mana ketersediaan vaksin adalah 15 juta per bulan, kita sudah sesuai kecepatan penyuntikannya," kata Budi usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (26/3/2021).

Kendati demikian, Budi mengatakan, ada potensi kendala dalam percepatan vaksinasi ke depan. Kendala tersebut yakni terkait adanya embargo vaksin COVID-19 yang dilakukan sejumlah negara.

"Ada catatan yang kami sampaikan juga ke Presiden, karena terjadi lonjakan kasus di beberapa negara termasuk di India sehingga mulai terjadi embargo vaksin dan bisa mengganggu ketersediaan vaksin dalam beberapa bulan ke depan. Terutama yang berasal dari negara-negara yang melakukan embargo, sehingga kita perlu berhati-hati mengatur laju penyuntikan vaksin agar tidak terjadi kekosongan vaksin nantinya," papar Budi.

Lebih lanjut, Budi mengungkapkan, beberapa negara di Eropa saat ini kembali mengalami lonjakan kasus COVID-19 karena adanya varian virus Corona baru. Presiden Jokowi, kata dia, pun meminta agar Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang sudah menunjukkan hasil positif terus bertahan.

"Beberapa negara Eropa sudah terjadi kenaikan kasus kembali, kita amati terjadinya karena ada strain baru yang sudah ada di Indonesia sejak Januari dan adanya mobilitas yang terlalu agresif pembukaannya. Sehingga arahan Bapak Presiden coba dicari titik keseimbangan agar hasil yang sudah bagus karena PPKM Mikro dan vaksinasi kita tidak kehilangan momentum perbaikannya. Dengan demikian kita diharapkan terus turun dan tidak mengalami lonjakan seperti di Eropa," tutur Budi.

Simak juga video 'Jokowi Buka Munas APKASI: Bupati Harus Ngerti Target Vaksinasi!':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2