Cak Imin Dinilai Tahu Arah Pencalonan Gibran di 2024, Lagi Cek Ombak

Dwi Andayani - detikNews
Jumat, 26 Mar 2021 08:38 WIB
Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, menemui Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di rumah dinas Loji Gandrung, Solo, Rabu (24/3/2021).
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Jakarta -

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengaku siap mendukung Gibran Rakabuming Raka maju ke Pilgub DKI Jakarta. Pengamat politik Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin menilai Cak Imin tengah mengecek respons publik bila Gibran maju dalam Pilgub DKI.

"Saya melihatnya Cak Imin sedang testing the water, sedang cek ombak. Ingin melihat dan mengetahui respons publik terkait Gibran dalam menuju kursi DKI-1," ujar Ujang saat dihubungi, Kamis (25/3/2021).

Ujang mengatakan pernyataan Cak Imin merupakan indikasi bahwa Gibran tengah dipersiapkan untuk menuju Pilbub DKI. Menurutnya, Cak Imin mengetahui arah pencalonan Gibran.

"Ini bentuk indikasi bahwa bisa saja Gibran sedang disiapkan untuk maju di Pilgub DKI Jakarta tahun 2024. Tak ada asap jika tak ada api, tak ada pernyataan dari Cak Imin, jika tak ada arah pencalonan Gibran di 2024 nanti," kata Ujang.

"Cak Imin politisi berpengalaman. Dia sudah tahu arah angin berembus ke mana," sambungnya.

Ujang menilai, Gibran memiliki peluang besar untuk diajukan menjadi calon gubernur (Cagub) DKI. Menurut Ujang, salah satunya karena Gibran merupakan putera dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Secara politik peluang Gibran besar tuk bisa diajukan menjadi cagub DKI Jakarta nanti. Selain dia saat ini wali kota Solo, ayahnya Presiden, dan di saat yang sama Anies jabatannya telah berakhir di 2022. Jadi kans Gibran maju di Pilgub 2024 sangat besar," tuturnya.

Seperti diketahui, Cak Imin siap mendukung Gibran Rakabuming Raka maju ke Pilgub DKI Jakarta. Hal tersebut menjawab terkait peluang putra Presiden Jokowi itu mengikuti jejak sang ayah.

"Siap, pasti siap (mendukung)," kata Cak Imin usai bertemu Gibran di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, Rabu (24/3).

Namun, Cak Imin meminta Gibran membuktikan diri bekerja mengembangkan Kota Solo. Dengan kesuksesan di Solo, Cak Imin yakin Gibran bisa melanjutkan karier politik ke jenjang yang lebih tinggi. "Sangat bagus (jika Gibran maju Pilgub). Makanya sukses dulu Solo nanti bisa ke mana pun. Insyaallah-lah," ujar Cak Imin.

Simak video 'Gibran Digadang Maju Pilgub DKI, Cak Imin: Sukses di Solo Dulu':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/gbr)