Dukung Kampung Sehat 2 NTB, Otoritas Pelabuhan Lembar Perketat Prokes

Erika Dyah Fitriani - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 22:38 WIB
Otoritas Pelabuhan Lembar bersama TNI dan Polri meningkatkan pemeriksaan penumpang yang keluar masuk Pelabuhan Lembar, Lombok Barat
Foto: Polda NTB
Jakarta -

Otoritas Pelabuhan Lembar bersama TNI dan Polri meningkatkan pemeriksaan penumpang yang keluar masuk Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal ini dilakukan dalam rangka menyukseskan Kampung Sehat 2 NTB.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar, Polres Lobar, Polda NTB, Iptu I Made Dharma Y.P mengatakan Pelabuhan Lembar memiliki peranan penting dalam program pencegahan penyebaran COVID-19. Ia menyebutkan langkah memaksimalkan pemeriksaan di wilayahnya juga dilakukan sebagai tindak lanjut program pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Skala Mikro yang dikemas dalam Lomba Kampung Sehat II di NTB.

"Pelabuhan Lembar merupakan salah satu akses pintu masuk dan keluar di NTB, jadi penerapan atau imbauan program PPKM yang dikemas dalam lomba kampung sehat perlu dimulai dari sini," jelas Made Dharma dalam keterangan tertulis, Kamis (25/3/2021).

Ia pun menegaskan meski wilayahnya terbatas di Area Pelabuhan, akan tetapi pemeriksaan ini dinilai bisa menjadi faktor penting yang dapat memengaruhi perkembangan COVID-19 di NTB.

"Protokol Kesehatan sudah pasti, di mana salah satu syarat untuk dapat menggunakan jasa penyeberangan yaitu dengan menaati protokol kesehatan dan ini dipastikan dengan rutin melakukan pemeriksaan," katanya.

Tak hanya itu, ia menerangkan pemeriksaan dilakukan terhadap pengguna jasa penyeberangan baik yang akan keluar maupun masuk di Pelabuhan Penyeberangan Lembar.

"Ini tidak kami lakukan sendiri, namun melalui Sinergitas Otoritas Pelabuhan Lembar termasuk dari unsur TNI-polri, untuk bersinergi dalam melakukan upaya pencegahan," ungkapnya.

Otoritas Pelabuhan Lembar bersama TNI dan Polri meningkatkan pemeriksaan penumpang yang keluar masuk Pelabuhan Lembar, Lombok BaratDukung Kampung Sehat 2 NTB, Otoritas Pelabuhan Lembar Perketat Prokes Foto: Polda NTB

Made Dharma menyebutkan langkah-langkah tersebut dilakukan pihaknya guna memperkuat prosedur secara administrasi, seperti persyaratan tentang kelengkapan Surat Keterangan Hasil Rapid Test.

"Terkait administrasi diperketat dan ini sudah baku di saat pandemi saat ini, namun ini dipermudah dengan pelayanan rapid test di area pelabuhan, sehingga yang tidak sempat melakukan rapid test, bisa langsung melakukannya di pelabuhan," ujarnya.

Ia menegaskan, pengguna jasa penyeberangan yang tidak melengkapi persyaratan ini akan dipastikan tidak boleh menggunakan jasa penyeberangan.

"Sedangkan bila telah melakukan rapid test, namun menunjukan hasil positif terkonfirmasi COVID-19, maka dilakukan Tindakan sesuai dengan prosedur yang ada," tambahnya.

Polda NTBFoto: Polda NTB

Lebih lanjut Made Dharma juga mengungkap adanya sinergitas dan soliditas di Pelabuhan Lembar ini merupakan langkah untuk saling mengisi sesuai dengan peran dan tugasnya masing-masing.

"Untuk mempersempit penyebaran COVID-19, sehingga tidak ada celah untuk Pelabuhan Lembar sebagai klaster penyebaran COVID-19 di NTB," tutupnya.

(akn/ega)