Puluhan WNA di Sanur Bali Jalani Vaksinasi COVID-19

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 21:21 WIB
Vaksinasi WNA pemegang KITAS di Sanur, Bali
Vaksinasi WNA pemegang KITAS di Sanur, Bali (I Made Sudana)
Denpasar -
Vaksinasi WNA pemegang KITAS di Sanur, BaliVaksinasi WNA pemegang KITAS di Sanur, Bali (I Made Sudana)

Puluhan warga negara asing (WNA) di Bali menjalani vaksinasi COVID-19. Mereka merupakan ekspatriat yang bekerja di kawasan Sanur, Kota Denpasar.

"Nah tadi itu ada kebijakan dari Dinas Kesehatan Provinsi, Bapak Suarjaya. Nah itu membijaksanai bagi yang mempunyai KITAS dan sudah tinggal di Sanur dan kerja di Sanur, dipersilakan (divaksinasi), asal dia itu bekerja dan indentitasnya itu beralamat di Sanur," kata Kepala Desa Sanur Kaja I Made Sudana saat dihubungi detikcom, Kamis (25/3/2021).

Sudana menuturkan, sejak kemarin banyak WNA yang meminta divaksinasi COVID-19. Mereka akhirnya diberikan vaksinasi COVID-19 dengan catatan memiliki nomor induk kependudukan (NIK) atau mempunyai kartu izin tinggal terbatas (KITAS) dan terdaftar di Badan Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan (BPJS).

"Jadi dari kemarin itu ada warga negara asing ekspatriat yang kerja di Sanur itu kan banyak yang minta vaksin. Kalau yang WNA yang ber-KITAS dan yang punya NIK itu tidak masalah, sama yang punya BPJS tidak masalah," terangnya.

"Tadi itu lumayan banyak itu sekitar 30-40an. Tapi yang pastinya itu sampai sekarang kan masih untuk direkap. Karena terus terang saja sekarang melonjak masyarakat (WNA) yang ingin vaksin," imbuh Sudana.

Menurut Sudana, para ekspatriat tersebut memang bekerja di kawasan Sanur, Sanur Kaja, dan Sanur Kauh. Mereka ada yang bekerja sebagai penyelam, general manager (GM) hotel, dan termasuk sebagai pengusaha.

Asal negara para WNA yang mendapatkan vaksinasi COVID-19 tersebut juga bermacam-macam. Ada yang berasal dari Swedia, Inggris, hingga Thailand.

"Karena dia menuntut 'ini saya punya BJPS'. Jadi kita lapor tadi ke sana BPJS. Nah itu baru dapat dia nomor NIK-nya dia. Karena kalau sudah dia ber-BPJS berarti dia kan sudah terdaftar dia. Berarti dia untuk kesehatannya berarti dia berhak dong dapat kalau tinggalnya di Sanur," jelas Sudana.

Untuk diketahui, kawasan Sanur menjadi salah satu wilayah yang diprogramkan untuk menjadi kawasan hijau di Pulau Dewata. Selain Sanur, dua kawasan lainnya yakni International Tourism Development Center (ITDC) di Kabupaten Badung dan Ubud di Kabupaten Gianyar. Vaksinasi di tiga kawasan ini menggunakan vaksin AstraZeneca.

"Karena ini vaksin yang Astra ini. Itu yang direbut sama dia orang-orang ini. Mungkin dia sudah tahu di sana dari teman-temannya makanya banyak tadi banyak nike (itu) ring (di) Denpasar banyak sekali," tutur Sudana.

Lihat juga Video: Vaksinasi 3 Kawasan Hijau COVID-19 di Bali Gunakan AstraZeneca

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)