detikcom Do Your Magic

Atasi Macet Jl Moh Kahfi I, Kendaraan Tak Boleh Putar Balik di Brigif!

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 17:58 WIB
Putar balik di Jl Moh Kahfi 1 bikin macet, warga minta lokasi putar balik dijauhkan 700 meter. Foto 25 Maret 2021. (Danu Damarjati/detikcom)
Putar balik di Jl Moh Kahfi 1 bikin macet, warga minta lokasi putar balik dijauhkan 700 meter. Foto 25 Maret 2021. (Danu Damarjati/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel) menjelaskan soal rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan di Jl Moh Kahfi I, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Pembatas di depan Jl Brigif akan dibuka tutup, dan pembatas di depan Jl Warung Silah akan diperpanjang.

Buka-tutup akan dilakukan pada pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB, dan pukul 16.00 WIB sampai 20.00 WIB. Sehingga, kendaraan dari Brigif bisa langsung berbelok kanan menuju Depok, yang sebelumnya harus berputar balik terlebih dahulu.

"Kalau dari Brigif langsung buka-tutup. Kalau dari Warung Silah tutup (tak bisa langsung ke Brigif). Dia belok kiri dulu (kemudian putar balik)," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Selatan Mukhlisin saat dihubungi, Kamis (25/3/2021).

Kemudian, menurut Mukhlisin, ada jalur alternatif, kendaraan dari Ciganjur yang ingin mengakses Tol Depok-Antasari (Desari) atau Tol Brigif bisa melalui Jl H Khayar, sehingga tidak melalui simpang Jl Brigif-Moh Kahfi.

"Nanti ada Jalan Khayar, masuk Brigif melalui Jl Khayar. Selain truk, bisa masuk satu arah," ucapnya.

Selain itu, pembatas jalan di depan Warung Silah akan diperpanjang sehingga menjauh dari simpang Jl Brigif-Moh Kahfi I.

"Dari Warung Silah, nggak bisa ke Brigif, itu harus belok kiri, muter, mau diperpanjang rencananya. Karena muter langsung (di tempat saat ini) nambah macet, karena di situ (Brigif) kan macet. Pas dia belok kanan ke Brigif, sudah macet. Jadi ngilangin simpul. Itu diskusi dengan Kasat Lantas (Jaksel), itu berharap ditutup," katanya.

Sementara itu, pembatas di depan Jl Brigif masih tetap dan tidak diperpanjang.

Selain itu, Mukhlisin menyebut akan ada tambahan personel di lapangan untuk mengatur lalu lintas. Selain petugas Dinas Perhubungan, polisi pun akan mengatur lalu lintas di lokasi.

"Polres nanti akan siap membantu kan. Karena kita perlu bantuan personel," ujarnya.

Seperti diketahui, sering terjadi kemacetan di simpang Jl Moh Kahfi I-Jl Warung Silah-Jl Brigif. Macet dikarenakan adanya putar balik karena kendaraan dari Jl Warung Silah dan Brigif tidak bisa belok kanan.

Tonton juga Video: 2 Truk Amblas ke Lubang Galian, Jalur Pantura Subang Macet Parah

[Gambas:Video 20detik]




(aik/tor)