ADVERTISEMENT

Jelang Libur Paskah, Satgas Imbau Pemda Antisipasi Potensi Kerumunan

Yulida Medistiara - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 17:47 WIB
Jubir Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Wiku Adisasmito (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Umat kristiani akan merayakan hari raya Paskah pada 4 April mendatang. Satgas Penanganan COVID-19 mengimbau pemerintah daerah mengantisipasi potensi terjadinya kerumunan.

"Pada tanggal 4 April nanti umat kristiani akan merayakan hari Paskah, seperti pengalaman sebelumnya tanggal merah yang jatuh pada akhir pekan memiliki potensi untuk meningkatkan mobilitas masyarakat," kata Jubir Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube BNPB Indonesia, Kamis (25/3/2021).

Oleh karena itu, Satgas COVID-19 pusat meminta pemerintah daerah dan Satgas daerah mengantisipasi kerumunan akibat libur Paskah. Sebab diketahui, dalam momentum liburan, sering terjadi peningkatan kasus COVID-19 pada beberapa minggu kemudian.

"Satgas mengimbau agar dalam seminggu ke depan ini pemerintah dan Satgas di daerah dapat mulai mengambil langkah antisipatif untuk mencegah terjadinya kerumunan, mobilitas terkait dengan perayaan hari raya tersebut dan terutama kerumunan di destinasi liburan," ujar Wiku.

Kemudian Wiku juga meminta supaya masyarakat mengutamakan liburan di rumah saja. Ia mengimbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Mohon kerja sama dari masyarakat untuk tidak berkerumun dan tetap mengingat bahwa dalam masa pandemi akan jauh lebih aman untuk menghabiskan liburan di rumah saja," ujarnya.

Simak juga Video: Tantangan Perayaan Paskah di Tengah Pandemi Corona

[Gambas:Video 20detik]



(yld/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT