Cerita Megawati soal Risma Makin Kurus Padahal Baru Sebentar Jadi Mensos

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 14:01 WIB
Jakarta -

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menceritakan kondisi Tri Rismaharini (Risma) setelah jadi Menteri Sosial (Mensos). Risma disebut makin kurus sejak masuk kabinet. Mengapa?

Cerita itu disampaikan Megawati saat meluncurkan buku 'Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam'. Megawati awalnya mengingatkan kader-kader PDIP yang memegang jabatan untuk benar-benar membela rakyat dan memperjuangkan kesejahteraan rakyat.

Megawati lalu mengambil Risma sebagai contoh. Menurutnya, Risma makin kurus sejak menjadi Menteri Sosial karena sering menemui warga yang kondisinya memprihatinkan.

"Itu Mbak Risma, tadi saya lihat Mbak Risma kok badane wis kuru (badannya sudah kurus), baru juga berapa lama jadi menteri. Makan hati dia. Kenapa? Ya ngeliatin orang jompo, di kolong jembatan," kata Megawati saat acara yang berlangsung virtual pada Rabu (24/3/2021).

Megawati lalu menceritakan momen Risma menemuinya sambil menangis beberapa waktu lalu. Risma curhat bahwa dia baru saja menemui keluarga yang tinggal di kolong jembatan. Ibu dan anak itu mengidap HIV/AIDS, bahkan anaknya dalam kondisi sekarat dan pernah diperkosa.

"Nangislah dia. 'Terus harus gimana, Bu'," ucap Megawati menirukan Risma.

Dia lalu menasihati Risma bahwa ini memang tugas mereka untuk menyelamatkan anak bangsa. Megawati pun menyampaikan ulang pesan kepada kader-kader PDIP.

"Itulah tugas kita, Mbak, menyelamatkan anak bangsa ini," tuturnya.

"Coba bayangkan kalian masih mau mejeng-mejeng. Ampun, deh," tegas Mega kepada kader-kader PDIP lainnya.

(imk/fjp)