detikcom Do Your Magic

Bumil di NTT Harapkan Pemerintah Perbaiki Puskesmas Camplong di Kupang

Arni Sulistiawati - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 13:51 WIB
Kondisi Puskesmas Camplong di Kupang NTT, 25 Maret 2021. (Arni Sulistiawati/detikcom)
Kondisi Puskesmas Camplong di Kupang, NTT, 25 Maret 2021. (Arni Sulistiawati/detikcom)
Kupang -

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Camplong di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), rusak. Pasien ibu hamil (bumil) berharap pemerintah segera memperbaiki puskesmas ini.

Puskesmas ini berlokasi di Desa Kuimasi, Camplong I, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang, NTT. Lokasinya berjarak sekitar satu jam perjalanan dari pusat Kota Kupang.

"Mungkin dari pemerintah bisa melakukan perbaikan dan renovasi," kata ibu hamil bernama Septi Santoso saat berbincang dengan detikcom di lokasi, Kamis (25/3/2021).

Kondisi Puskesmas Camplong di Kupang NTT, 25 Maret 2021. (Arni Sulistiawati/detikcom)Kondisi Puskesmas Camplong di Kupang NTT, 25 Maret 2021. (Arni Sulistiawati/detikcom)

Kondisi puskesmas ini, plafon jebol, tembok dan lantai retak, dan WC mampet. Padahal puskesmas ini menjadi andalan ibu-ibu hamil dan pasien pada umumnya.

"Karena melihat kondisi seperti ini, dengan bangunan yang sudah tua dan banyak bolong pada atapnya," kata Septi, perempuan berusia 18 tahun.

Septi sedang berada di Puskesmas Camplong untuk memeriksakan kehamilannya. Dia empat kali kontrol kehamilan di sini. Pelayanan di sini dia rasa sudah baik, hanya gedungnya yang perlu direnovasi.

"Mungkin harus direnovasi karena sudah kurang layak digunakan. Jarak ruangan pemeriksaan juga cukup jauh dengan WC dan dengan jalanan tidak rata," kata Septi, yang berjaket putih dan diantarkan suaminya naik sepeda motor ke puskesmas ini.

Selanjutnya, kata ibu hamil bernama Lodiana Nautu:

Selanjutnya
Halaman
1 2