Jokowi: Kalau Nanti Terjadi Kekebalan Komunal, COVID Datang Bisa Mental

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 10:32 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat di Makassar (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau vaksinasi COVID-19 di Kediaman Raja Hitu, Kabupaten Maluku Tengah. Jokowi mengatakan vaksinasi berjalan lancar.

"Pagi hari ini saya melihat proses vaksinasi di sini alhamdulillah berjalan dengan lancar, saya lihat tata kelola manajemennya juga rapi, bagus, dan kita harapkan ini terus dilakukan sampai nanti sesuai dengan target yang telah kita berikan," kata Jokowi seperti disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (25/3/2021).

Jokowi berharap kekebalan komunal bisa segera terbentuk. Dengan begitu, kata Jokowi, penularan virus Corona bisa dihentikan.

"Jadi kalau 70 persen masyarakat Indonesia sudah divaksin, disuntik, nanti akan terjadi kekebalan komunal, artinya apa? yang namanya COVID mau datang bisa mental dan tidak menularkan lagi dari orang ke orang, dari warga ke warga bisa kita hentikan. Memang ini proses yang masih panjang target kita akhir tahun insyaallah sudah selesai semua asal vaksinasinya berproses seperti ini terus," kata Jokowi.

Sebelum meninjau vaksinasi di Maluku Tengah, Jokowi juga meninjau vaksinasi di Ambon. Dia berharap ekonomi bisa segera pulih lewat adanya program vaksinasi ini.

"Tadi saya melihat juga di pelabuhan, tadi di RS Leimena juga, kemudian di sini semuanya berjalan dengan baik saya juga berterima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan, para vaksinator yang telah bekerja keras setiap hari melayani masyarakat yang divaksin dan kita berharap pandemi ini segera selesai dan ekonomi daerah, nasional, ekonomi provinsi, semuanya bangkit kembali, normal, dan kita bisa bekerja dalam kehidupan sehari-hari seperti biasanya," tutur Jokowi.

Simak juga 'Momen Jokowi Resmikan Rumah Sakit-Tinjau Vaksinasi di Ambon':

[Gambas:Video 20detik]

(knv/haf)