Tak Lagi Berontak di RSJ, Pria Pancung Ayah di Lampung Kini Banyak Merenung

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 24 Mar 2021 11:03 WIB
K (25), pria yang diduga memenggal dan mengarak kepala ayahnya keliling kampung di Lampung.
Foto: Pria yang diduga memenggal dan mengarak kepala ayahnya keliling kampung di Lampung. (Dok Polres Lampung Tengah)
Lampung Tengah -

Pria asal Lampung Tengah, Kukuh (31), diduga memancung ayahnya hingga kepala ayahnya terlepas dari badan. Kukuh kini merenung saat diobservasi di rumah sakit jiwa (RSJ).

"Dia selalu merenung, banyak diam," kata Humas RS Jiwa Kurungan Nyawa, David, saat dihubungi, Rabu (24/3/2021).

"Sesekali berdiri, jalan-jalan," sambungnya.

David menyebut proses observasi kondisi kejiwaan Kukuh dilakukan selama 14 hari. Dia mengatakan pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui apakah Kukuh mengidap gangguan jiwa atau tidak.

"Banyak proses selama pelaku diobservasi, jadi 14 hari baru bisa kita simpulkan. Hasil kesimpulan nanti kami sampaikan kepada polisi untuk menentukan langkah lanjutan," katanya.

Dia mengatakan pihak RSJ tak memiliki catatan soal kondisi kejiwaan Kukuh. David menyebut pihaknya bakal memeriksa dengan teliti soal kondisi kejiwaan Kukuh.

"Di kita tidak ada catatan, tidak ada riwayat gangguan kejiwaan. Maka ini kita pastikan dulu, apakah benar saat melakukan dalam kondisi gangguan atau sadar," katanya.

"Orang gangguan jiwa itu tidak selamanya. Ada masa dia normal, sadar, tetapi tidak bisa mengendalikan. Itu yang sedang kita dalami, sadar atau tidak saat melakukan tindakan pembunuhan kemarin," sambung David.

Sebelumnya, Kukuh diduga memenggal kepala ayah kandungnya pada Senin (22/3). Kukuh disebut mengaku mendapat bisikan gaib.

"Ya betul (ada kejadian anak penggal dan arak kepala ayah kandung-red). Kejadiannya kemarin (22/3) siang, pukul 13.00 WIB. Pelaku ini inisialnya K," kata Kapolres Lampung Tengah, AKBP Popon Ardianto.

Popon mengatakan Kukuh mengaku hendak melindungi diri dari sang ayah. Kukuh disebut mengaku bisikan gaib yang dia dapat adalah ayahnya hendak mengirimkan santet kepadanya.

Popon juga menyebut pihak kepolisian mendapat informasi terduga pelaku adalah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Polisi membawa Kukuh ke rumah sakit jiwa untuk diobservasi.

Kapolsek Kalirejo, Iptu Edi Suhendar, mengatakan Kukuh melawan saat akan dibawa ke RSJ. Dia juga menyebut Kukuh sempat memberontak saat berada di RSJ.

"Masih memberontak. Ini saya lagi di rumah sakit jiwa, lagi observasi dengan pelaku. Pelaku emosi, emosi terus," kata Edi.

"Belum stabil, ngamuk-ngamuk terus ini. Makanya kita observasi dulu," sambungnya.

Simak video 'Sadis! Pria Asal Lampung Tengah Pancung Kepala Ayah':

[Gambas:Video 20detik]



(ras/haf)